Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Curiosity Temukan Benda Berkilau di Permukaan Mars

Kompas.com - 02/12/2018, 18:02 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Robot penjelajah Curiosity baru saja menemukan benda aneh berkilau yang tergeletak di permukaan planet Mars.

Seperti yang kita ketahui, Mars adalah planet yang sebagian besar berwarna merah, berdebu, dan kosong. Artinya, ketika ada sesuatu yang menonjol akan mudah terlihat.

Kini, tim dari Badan Antariksa AS (NASA) sedang bermaksud melihat objek dengan tepat. Tujuannya adalah mencari tahu tentang objek tersebut.

Meski telah memiliki asumsi, tapi tim dari NASA siap dengan kemungkinan lain.

"Tim perencanaan berpikir itu mungkin meteorit karena sangat mengkilap," ungkap Suzanne Schwenzer, salah satu anggota tim dikutip dari The Independent, Sabtu (01/12/2018).

"Tapi penampakan bisa saja menipu, dan pembuktiannya hanya bisa didapatkan dari analisis kimia," imbuhnya.

Baca juga: Robot Curiosity Kirim Foto Selfie dari Mars

Saat ini, tim dari NASA menjuluki benda itu sebagai "Little Colonsay". Curiosity telah mengambil gambar objek itu dan menunjukkan lapisannya yang mengkilat di tengah debu dan bebatuan Mars.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, benda bersinar itu akan dilihat menggunakan ChemCam. ChemCam sendiri adalah satu set alat yang dapat memeriksa kandungan kimia suatu objek dari jarak jauh.

Alat tersebut terdiri dari kamera, spektograf, dan laser. Dengan alat-alat tersebut, ChemCam bisa menjadi laboratorium kimia di tempat.

Dirangkum dari Gizmodo, Jumat (30/11/2018), ini bukan pertama kalinya Curiosity menemukan benda mengkilap di Mars. Tahun 2015 dan 2016, robot penjelajah itu juga menemukan meteorit logam besar dan meteorit nikel besi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com