15 Tanda Kecerdasan, Apakah Anda Termasuk?

Kompas.com - 18/11/2018, 09:34 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com — "Orang bodoh menganggap dirinya bijaksana, tapi orang bijak tahu bahwa dirinya bodoh." Kutipan tulisan dari William Shakespeare dalam bukunya As You Like It itu agaknya benar.

Dalam studinya, psikolog sosial David Dunning dan Justin Kruger membenarkan apa yang ditulis Shakespeare. Fenomena ini sekarang dikenal dengan istilah efek Dunning-Kruger.

Dengan kata lain, jika tidak terlalu yakin dengan kecerdasan diri sendiri, bisa jadi itu adalah tanda bahwa sebenarnya Anda cukup cerdas dan bijaksana untuk menyadari keterbatasan yang dimiliki.

Di luar fenomena ini, setidaknya ada 15 tanda lain bahwa Anda mungkin cerdas, tapi tak menyadarinya. Berikut 15 tanda tersebut dilansir dari Business Insider, Kamis (15/11/2018).

Baca juga: Bukan Mitos, Orang Berkacamata Lebih Cerdas dan Berumur Panjang

1. Belajar Alat Musik

Beberapa penelitian menemukan bahwa musik bisa membantu pikiran anak-anak untuk berkembang.

Studi tahun 2011, misalnya, menemukan bahwa skor kecerdasan verbal anak usia 4 hingga 6 tahun meningkat hanya setelah mereka belajar musik.

Contoh lain adalah penelitian tahun 2004 oleh Glenn Schellenberg. Di menemukan, IQ anak berusia 6 tahun yang belajar memainkan keyboar atau latihan vokal selama 9 bulan lebih berkembang dibanding anak lainnya.

2. Anak Pertama

Sebuah penelitian menyebutkan, anak sulung biasanya lebih cerdas. Tapi hal ini bukan perkara genetik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X