Hujan Lebat 4 Hari ke Depan, Waspadai Potensi Banjir dan Longsor

Kompas.com - 16/11/2018, 14:19 WIB
ilustrasi hujan lebat Wavebreakmedia Ltdilustrasi hujan lebat

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) kemarin mengeluarkan peringatan tentang cuaca di Indonesia. Dalam pantauan dan analisis BMKG, sebagian besar wilayah Indonesia telah diguyur hujan selama beberapa pekan terakhir.

Sayangnya, hujan lebat di beberapa wilayah menimbulkan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan puting beliung.

Dalam keterangannya, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo menjelaskan bahwa dalam periode 15 hingga 19 November 2018 ke depan berdasarkan pantauan dan analisis menunjukkan curah hujan dengan intensitas lebat masih terus berpeluang terjadi yang dapat berpotensi mengakibatkan bencana Hidrometeorologi.

Prediksi kondisi cuaca tersebut didasarkan oleh analisis dinamika atmosfer di mana menguatnya massa udara dari Asia dan Australia mempengaruhi pembentukan daerah tekanan rendah dan pola-pola sirkulasi di sekitar wilayah Indonesia.

Selain itu, aliran massa udara basah dari Samudra Pasifik dan Samudera Hindia yang masuk ke wilayah Sumatera, Jawa hingga Kalimantan, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara turut mendukung pertumbuhan awan hujan.

Baca juga: BMKG: Curah Hujan Meningkat, Lokasi Ini Harap Waspada

Kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia berikut:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X