Studi: Merokok Jadi Salah Satu Penyebab Kematian Utama pada 2017

Kompas.com - 14/11/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi merokok AFPIlustrasi merokok

KOMPAS.com - Hal yang menyebabkan kematian paling tinggi di seantero planet bumi bukanlah senjatam atau hiu atau bahkan kecelakaan lalu lintas.

Dari serangkaian data yang diterbitkan jurnal sains The Lancet, ada empat penyebab kematian paling banyak sebenarnya bisa dicegah.

Empat penyebab kematian terbesar itu adalah tekanan darah tinggi, merokok, tingkat gula darah yang tinggi, dan berat badan yang berlebihan.

Dari data yang dirangkum oleh ABC, ada sekitar 56 juta orang yang meninggal setiap tahunnya, dan separuh dari kematian tersebut disebabkan oleh empat faktor di atas.

Untuk rokok ada 7,1 juta kematian setiap tahunnya. Angka tersebut sama dengan 12 persen dari kematian keseluruhan di dunia.

Pada umumnya, penyebab kematian utama bagi pria adalah merokok, tekanan darah tinggi, dan tingkat gula darah tinggi.

Sementara bagi perempuan, urutan penyebab kematian adalah tekanan darah tinggi, tingkat gula darah tinggi, dan kelebihan berat badan.

Baca juga: Jangan Remehkan, Liburan Bisa Turunkan Risiko Kematian

Diagram data kematian di dunia pada 2017 Diagram data kematian di dunia pada 2017

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X