Aneh, Hiu Irlandia Sembunyikan Telur di Terumbu Karang Rusak

Kompas.com - 13/11/2018, 20:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Para ilmuwan baru saja menemukan sebuah "sarang pembibitan" hiu besar di perairan Irlandia. Sarang ini tidak biasa karena para ikan predator itu menggunakan terumbu karang yang telah rusak untuk menyembunyikan telur-telur mereka.

Temuan langka ini didapatkan setelah para peneliti melakukan operasi jarak jauh untuk menjelajahi perairan dingin di Irlandia. Mereka menjelajah hingga kedalaman 750 meter.

Dalam observasi tersebut, para ilmuwan mengamati sarang yang ditinggali oleh gerombolan blackmouth catsharks. Blackmouth catsharks sendiri merupakan salah satu hiu kecil yang ditemukan di seluruh Atlantik timur laut.

Spesies ini ditemukan tidak sendiri. Mereka bersama hiu yang biasanya soliter (penyendiri) dan jarang ditemukan, sailfin roughshark.