Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2018, 17:13 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Baru-baru ini marak kabar beberapa remaja dari Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang didapati tengah mabuk dengan cara yang tidak biasa, yaitu menggunakan pembalut bekas.

Kepala Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasionla Provinsi (BNNP) Jateng AKBP Suprinarto menyampaikan, rentang usia remaja yang menggunakan pembalut bekas mulai dari 13 tahun hingga 16 tahun, bahkan ada yang berasal dari luar Kudus.

Hal ini merupakan kasus yang tidak biasa karena menurut dr Andon Hestiantoro, SpOG(k), dari Divisi Imunoendokrinologi Reproduksi, Departemen Obstetri dan Ginekologi, RSCM, hasil keluaran menstruasi yang menempel pada pembalut sejatinya tidak memabukkan.

Ia mengatakan, darah menstruasi mengandung serpihan lapisan lendir rahim, protein, sel darah merah, dan sel darah putih yang akan segera rusak dan hancur setelah terkena suhu yang tinggi saat direbus.

Baca juga: Bisa Bikin Orang Seperti Tidak Waras, Apa Saja Efek PCC?

"Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa darah menstruasi tidak mengandung materi yang dapat menimbulkan efek mabuk atau keracunan," ujarnya saat dihubungi melalui surat elektronik pada Senin (12/11/2018).

Ia mencurigai bahwa justru bahan yang terkandung pada pembalutlah yang menyebabkan remaja-remaja itu "ngefly".

Setidaknya, ada lima bahan yang terkandung pada pembalut, yaitu serat polyethylene, serat kayu selulosa atau gel, lem karet atau plastik, dan kertas. Namun, Andon mencurigai bahwa serat polyethylene-lah yang berperan menyebabkan mabuk.

"Serat polyethylene merupakan serat sintetik yang juga digunakan untuk membuat bahan kain atau baju. Polyethylene dan polypropylene ini merupakan produk sintetik polimer yang terbuat dari sodium-bikarbonat (NaHCO3) dengan proses fermentasi. Varian lainnya adalah ethylene glycol," kata Andon.

Baca juga: Hati-Hati, 5 Obat Psikotropika Ini Paling Mudah Disalahgunakan

"Materi-materi ini juga dapat dijumpai pada produk perekat, cat, minyak pelumas, dan sebagainya. Materi tersebut jika dipanaskan atau dilarutkan akan memiliki sifat yang dapat memabukkan dan menurunkan kesadaran," lanjutnya.

Ia memperingatkan bahwa mabuk dengan cara ini bisa jadi berbahaya. Pada tahap awal dapat menyebabkan pusing, mual-mual, hingga muntah-muntah. Namun, pada fase yang lebih lanjut, Andon berkata bahwa larutan dari rebusan pembalut dapat menyebabkan kejang-kejang dan gagal ginjal.

Sampai saat ini, Andon masih belum mengetahui dari mana remaja-remeja tersebut mengetahui informasi terkait air rebusan pembalut yang dapat memabukkan. Namun, menurut Suprinanto, para anak jalanan nekat coba-coba mabuk rendaman pembalut karena mendengar informasi dari mulut ke mulut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com