Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: 3 Kali Lindu Goyang Indonesia

Kompas.com - 05/11/2018, 22:07 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Senin (05/11/2018), lagi-lagi gempa bumi menggoyang sejumlah wilayah Indonesia. Menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ada tiga lindu yang terjadi hari ini.

Pertama, gempa bumi dirasakan oleh warga Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Sumbawa. Gempa M 3,3 tersebut dirasakan warga pada pukul 00.38 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Dikutip dari laman BMKG, pusat gempa berada di darat. Tepatnya 11 kilometer timur laut Lombok Timur pada kedalaman 10 km.

Kedua, guncangan bumi dirasakan warga Masohi, Maluku Tengah. Lindu pukul 02.09 WIB itu bermagnitudo 2,9 dengan skala MMI III.

Artinya, guncangan gempa dini hari itu tidak terlalu kuat dirasakan warga.

Hiposenter gempa berada pada kedalaman 10 km. Selain itu, episenter gempa berada di laut, sekitar 5 km sebelah utara Masohi, Maluku Tengah.

Ketiga, dalam catatan BMKG, lindu terakhir yang dirasakan hari ini terjadi pukul 15.20 WIB. Warga yang merasakan guncangan bumi itu adalah warga Ranomeeto, Sulawesi Tenggara.

Hiposenter gempa M 2,1 itu berada di kedalaman 5 km. Sedangkan episenternya berada di darat sekitar 29,5 km sebelah barat daya Kendari, Sulawesi Tenggara.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Guncang Bengkulu Tengah Malam, 3 Lainnya di Sulawesi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com