Dua Ibu di Texas Mengandung Satu Bayi yang Sama, Kok Bisa?

Kompas.com - 31/10/2018, 21:05 WIB
Ilustrasi bayi baru lahir PixelistanbulIlustrasi bayi baru lahir

KOMPAS.com - Seorang ibu yang mengandung satu atau beberapa bayi sekaligus mungkin hal biasa. Tapi bagaimana jika seorang bayi dikandung dua ibu berbeda?

Inilah yang terjadi pada dua perempuan di Texas, AS. Mereka adalah Ashleigh dan Bliss Coulter, yang selama sembilan bulan bergiliran mengandung sang bayi.

Stetson, bayi dari dua perempuan itu dilahirkan oleh Ashleigh pada bulan Juni lalu.

Kehamilan tak biasa ini mungkin terjadi berkat metode terobosan dalam pembuahan in vitro atau lazim dikenal sebagai program bayi tabung.

Metode yang disebut Effortless Reciprocal IVF itu memungkinkan Bliss "menetaskan" embrionya sendiri. Selanjutnya, embrio tersebut ditempatkan pada rahim Ashleigh.

Dilansir dari Live Science, Selasa (30/10/2018), teknik ini menggunakan alat yang disebut INVOcell. Sebuah teknik yang merupakan gabungan antara IVF dan inseminasi intrauterin (IUI).

Jika dalam IVF, ilmuwan mempertemukan sel telur yang sudah matang dengan sperma di laboratorium kemudian mentransfer embrio yang dihasilkan ke rahim perempuan.

Dan, dalam prosedur IUI, sperma langsung dimasukkan ke rahim dengan tujuan mempermudahnya mencapai sel telur.

Maka INVOcell adalah bentuk IVF tetapi bukan telur yang dibuahi di laboratorium. Sel telur dan sperma mula-mula dimasukkan ke dalam botol kecil kemudian dibenamkan dalam vagina Bliss.

Bersama botol ini, ilmuwan juga memasang diafragma (alat kontrasepsi perempuan) untuk memastikannya tetap pada tempatnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X