WWF: 60 Persen Hewan Vertebrata Punah dalam 44 Tahun Terakhir

Kompas.com - 30/10/2018, 20:31 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Konsumsi yang tak terkendali berdampak besar pada kehancuran satwa liar secara global. Disadari atau tidak, upaya untuk memenuhi kerakusan manusia justru memicu kepunahan massal dan berkurangnya sumber daya alam.

World Wide Fund for Nature (WWF) memperingatkan, populasi vertebrata atau hewan bertulang belakang seperti ikan, burung, amfibi, reptil, dan mamalia mengamali penurunan sampai 60 persen sejak 1970 sampai 2014.

Laporan "Living Planet" yang disampaikan WWF hari ini telah menganalisis sekitar 4.000 spesies yang tersebar di 16.700 tempat di seluruh dunia.

"Situasi ini benar-benar buruk dan terus memburuk," kata Direktur Jenderal WWF Internasional Marco Lambertini kepada AFP, dilansir Selasa (30/10/2018).

"Satu-satunya kabar baik adalah kita tahu bagaimana kondisi dan fakta apa yang terjadi".