Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5, 1 di Manado, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 26/10/2018, 21:30 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Jumat (26/10/2018), Indonesia dilanda empat gempa bumi. Gampa bumi yang dirasakan mulai dari magnitudo 5,1 hingga 2,7.

Mana sajakah wilayah yang merasakan gempa-gempa tersebut? Melansir dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) inilah keempat gempa bumi yang dirasakan.

1. M 5,1 di Manado

Masyarakat Manado tadi pagi merasakan adanya lindu pada pukul 06.15 Waktu Indonesia Barat (WIB). Gempa bermagnitudo 5,1 itu dirasakan oleh masyarakat Manado dan Tondano dalam skala MMI II.

Artinya, warga tidak merasakan adanya guncangan yang kuat.

Ini bisa jadi karena episenter gempa yang berada di laut, 128 kilometer tenggara Siautagulandangbiaro. Sedang hiposenternya berada pada kedalaman 10 km.

Meski kekuatannya di atas M 5, lindu tersebut tidak berpotensi tsunami.

2. M 4,5 di Luwuk, Banggai

Sore hari tadi, tepatnya pukul 15. 23 WIB, masyarakat Luwuk merasakan guncangan dengan skala MMI III. Guncangan tersebut disebabkan oleh gempa bermagnitudo 4,5.

Titik pusat gempanya sendiri berada di laut, sekitar 101 km timur laut Kepulauan Banggai. Sedang hiposenternya berada di kedalaman 10 km.

3. M 2,7 di Sanana, Maluku Utara

Wilayah Maluku utara juga disambangi gempa sore tadi, tepatnya pukul 16. 01 WIB. Gempa berkekuatan M 2,7 tersebut dirasakan oleh warga Sanana dalam skala MMI II.

Sanana sendiri merupakan sebuah kota di pulau Sula, Maluku Utara.

Lindu yang mengguncang itu memiliki episenter di laut, sekitar 19 km tenggara Sanana. Hiposenternya berada di kedalaman 13 km.

Baca juga: Ada Potensi Gempa di Surabaya dan Madura, BMKG Beri Klarifikasi

4. M 3 Guncang Lombok Utara

Gempa hari ini juga dirasakan oleh warga di Lombok Uatara. Gempa bermagnitudo 3 itu guncangannya memang tak terlalu dirasa kuat oleh warga.

Lindu pukul 19.30 WIB tadi memiliki episenter di laut. Tepatnya, 21 km barat Lombok Utara pada kedalaman 7 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com