Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ramalan Stephen Hawking, dari Trump sampai Invasi Alien

Kompas.com - 22/10/2018, 16:27 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Stephen Hawking tak pernah berhenti mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan sulit yang diajukan manusia.

Banyak artikel dan esai yang ditulis Hawking mencoba menjawab berbagai pertanyaan itu. Ia bahkan telah memprediksi beberapa hal yang mungkin akan terjadi di dunia ini sebelum tutup usia pada Maret 2018.

Inilah 5 prediksi ilmiah hasil pemikiran Stephen Hawking seperti diberitakan Guardian, Minggu (21/10/2018).

Baca juga: Ketakutan Terbesar Stephen Hawking: Akan Ada Perang Dunia Lawan Robot

1. Penyuntingan gen dan manusia super

Dalam buku berjudul Brief Answers to the Big Questions yang baru saja terbit, Hawking meramalkan bahwa teknik penyuntingan genetika akan melahirkan manusia super, sebuah ras makhluk hidup yang dapat merancang diri sendiri untuk meningkatkan kemampuannya.

2. Kecerdasan buatan

Dalam wawancara dengan majalah Wired pada 2017, Hawking sempat menyinggung tentang kecerdasan AI sebagai "jin yang keluar dari botol".

Hawking khawatir, perkembangan kecerdasan buatan justru akan menciptakan kehidupan baru yang mengungguli manusia.

3. Eksplorasi ruang angkasa

Untuk memastikan kelangsungan hidup umat manusia, Hawking berpendapat bahwa kita harus segera menjelajah dan menempati planet atau tata surya lainnya.

"Penyebaran mungkin adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri kita sendiri. Saya yakin manusia harus meninggalkan Bumi," kata Hawking saat menghadiri festival sains dan seni Norwegia pada 2017.

4. Perubahan iklim

Hawking juga mengkhawatirkan soal perubahan iklim, yang diperkuat oleh terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS di tahun 2016.

"Tindakan Trump (menarik diri dari kesepakatan Paris) bisa mendorong Bumi ke tepi jurang dan (berubah) menjadi seperti Venus bersuhu 250 derajat Celsius dan hujan asam sulfat," ujar Hawking kepada BBC News.

Baca juga: Bumi Sekarat, Stephen Hawking Ungkap Strategi Invasi Dunia Alien

5. Invasi alien

Dia juga berpikir bahwa melakukan kontak dengan makhluk luar angkasa mungkin akan berujung buruk.

"Jika alien mengunjungi kita, hasilnya mungkin akan sama seperti saat Columbus mendarat di Amerika,  yang berujung buruk bagi orang Amerika asli," ujar Hawking kepada Discovery Channel pada 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com