Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijual Rp 22 Miliar, Inilah Isi Surat Einstein tentang Agama dan Tuhan

Kompas.com - 08/10/2018, 10:29 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Belakangan ramai diberitakan bahwa surat Einstein tentang Tuhan akan dilelang dengan harga Rp 22,7 miliar. Seperti biasa, pemberitaan memicu perdebatan tentang sains dan Tuhan, terlihat dari komentar di media sosial.

Surat yang dimaksud tersebut ditulis Einstein kepada filsuf Yahudi Eric Gutkind yang dalam perjalanan intelektualnya lantas "mengawini" spiritualisme Yahudi. Dia mengatakan, pencarian ilmu pengetahuan akan dan bisa membawa manusia mengenali Tuhan-nya.

Ditulis pada tahun 1954, setahun sebelum Einstein meninggal, apa sebenarnya isi surat itu?

Baca juga: Apakah Einstein Berdoa dan Percaya Tuhan?

Berikut ini terjemahan surat dalam bahasa Indonesianya. Teks dalam bahasa Indonesia ini hasil terjemahan dari bahasa Inggris (semula Einstein menulis dalam bahasa Jerman) dan sudah diperhalus sehingga lebih mudah dipahami.

Inilah isinya:

Kata Tuhan bagi saya tidak lebih dari ekspresi dan produk kelemahan manusia. Kitab suci adalah kumpulan legenda yang betapa pun mulia tetap masih primitif dan kekanak-kanakan. Tak ada interpretasi, bagaimana pun halusnya, yang bisa mengubah itu. Interpretasi itu beragam menurut sifatnya dan hampir tidak ada hubungannya dengan teks aslinya.

Bagi saya, agama Yahudi seperti semua agama lain, adalah buah dari takhayul yang paling kekanak-kanakan. Orang-orang Yahudi, di mana saya menjadi bagiannya dan mempunyai kedekatan mentalitas, tidak memiliki kualitas yang berbeda dari orang lain. Sejauh pengalaman saya, mereka juga tidak lebih baik dari kelompok manusia lainnya, meskipun mereka terlindung dari kanker terburuk oleh kurangnya kekuatan. Saya tidak bisa melihat alasan mereka menjadi kaum 'terpilih' selain itu.

Secara umum saya merasa sakit hati bahwa Anda mengklaim punya posisi istimewa dan mencoba mempertahankannya dengan dua dinding kesombongan, secara eksternal sebagai seorang manusia dan secara internal sebagai seorang Yahudi.

Sebagai manusia Anda mengklaim punya dispensasi dari kausalitas sebab Yahudi punya hak istimewa dalam monoteisme. Tetapi, kausalitas yang terbatas tidak lagi merupakan kausalitas, sebab Spinoza kita yang luar biasa mengenali semua torehan, mungkin sebagai yang pertama. Dan interpretasi animistis terhadap agama-agama alam secara prinsip tidak dibatalkan oleh monopoli. Dengan tembok seperti itu kita hanya bisa menipu diri sendiri, tidak memajukan upaya moral kita. Justru sebaliknya.

Meskipun saya sekarang telah secara terbuka menyatakan perbedaan keyakinan intelektual, masih jelas bagi saya bahwa kita cukup dekat satu sama lain dalam hal-hal yang esensial, yaitu dalam evaluasi kita tentang perilaku manusia. Apa yang membedakan kita hanyalah 'props' intelektual dan 'rasionalisasi' dalam bahasa Freud. Dengan demikian, saya berpikir bahwa kita bisa saling memahami dengan baik saat kita berbicara tentang hal-hal konkret.

Baca juga: Kicauan Jagat Raya Terdengar Lagi, Kuatkan Bukti Kebenaran Teori Einstein

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com