Gunung Soputan Meletus, Badan Geologi Beri Rekomendasi Ini - Kompas.com

Gunung Soputan Meletus, Badan Geologi Beri Rekomendasi Ini

Kompas.com - 03/10/2018, 09:38 WIB
Gunung Soputan meletus dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 4 Km pada Rabu (3/10/2018).PVMBG Gunung Soputan meletus dan mengeluarkan abu vulkanik setinggi 4 Km pada Rabu (3/10/2018).

KOMPAS.com - Usai diguncang gempa, kini Sulawesi diancam erupsi gunung berapi. Rabu (3/1/0/2018) pukul 8.47 WITA, Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meletus.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tinggi kolom abu vulkanik mencapai 4.000 meter di atas puncak kawah atau 5.809 di atas permukaan laut.

Kolom abu berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi terekam seismogram dengan amplirudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit.

Baca juga: Viral Ramalan Gempa Megathrust, BMKG Beberkan Penjelasannya

Badan Geologi dalam rilisnya menyatakan, Gunung Soputan saat ini berstatus Siaga atau Status Level III. Karenanya, Badan Geologi mengeluarkan sejumlah himbauan berikut:

1. Masyarakat agar tidak beraktivitas di seluruh area di dalam radius 4 km dari puncak G. Soputan dan di dalam area perluasan sektoral ke arah Barat-Baratdaya sejauh 6,5 km dari puncak yang merupakan daerah bukaan kawah untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas.


2. Masyarakat di sekitar G. Soputan dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.


3. Masyarakat agar mewaspadai potensi ancaman aliran lahar yang dapat terjadi setelah terjadinya erupsi yaitu dimana material erupsi terbawa oleh air, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng G. Soputan, seperti di antaranya Sungai Ranowangko, Sungai Lawian, Sungai Popang dan Londola Kelewahu.

Baca juga: LIPI: Gempa Itu Tidak Acak, Manusia Bisa Menguak Polanya



Close Ads X