Tanaman di Arktik Tumbuh Lebih Tinggi, Ini Artinya bagi Bumi

Kompas.com - 01/10/2018, 19:07 WIB
Ilustrasi vegetasi tundra Richard Webb/GeographIlustrasi vegetasi tundra

KOMPAS.com - Perubahan iklim mempengaruhi dunia kita dalam banyak cara, mulai dari kenaikan air laut hingga kepunahan spesies.

Namun sekarang, tim peneliti internasional kembali menambahkan lagi pengaruh perubahan iklim terhadap Bumi ini.

Perubahan iklim juga ternyata juga berdampak luas pada tanaman di daerah tundra di Arktik. Salah satunya dengan membuat tanaman di Arktik tumbuh lebih tinggi.

Tundra sendiri sebenarnya adalah ekosistem dingin tanpa pohon. Contohnya seperti di Arktik yang merupakan salah satu lingkungan paling keras di Bumi. Biasanya, wilayah ini tertutup salju hampir sepanjang tahun dan menjadi habitat bagi ratusan spesies semak, rumput dan tanaman perdu lain yang memainkan peran penting dalam siklus karbon Bumi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature menganalisis lebih dari 60.000 catatan karakter tanaman di seluruh lingkungan tundra di daerah Arktik dan Alpen.