Siklon Tropis Kong-Rey Sambangi Timur Indonesia, Begini Dampaknya

Kompas.com - 30/09/2018, 11:33 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan keterangan resmi terkait tumbuhnya siklon tropis Flamboyan di Gedung BMKG, Jakarta, Minggu (29/4/2018). KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMANBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan keterangan resmi terkait tumbuhnya siklon tropis Flamboyan di Gedung BMKG, Jakarta, Minggu (29/4/2018).

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini adanya diklon tropis Kong-Rey yang mengampiri wilayah Indonesia.

Dalam analisis yang dikeluarkan hari Minggu (30/09/2018) pukul 07.00 waktu Indonesia barat (WIB), posisi siklon tropis tersebut berada di Samudra Pasifik, sebelah utara Papua.

Tepatnya, badai tersebut ada di sekitar 1.660 kilometer di sebelah utara Biak. Siklon tropis Kong-Rey berada di kecepatan 19 km/jam ke arah barat-barat laut menjauhi Indonesia.

Kekuatan siklon tropis ini 60 knots atau setara dengan 110 km/jam.

Diperkirakan, dalam 24 jam ke depan atau 1 Oktober 2018, posisi siklon tropis ini ada di sekitar 1.870 km sebelah utara Biak.

Menurut rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (30/09/2018), badai ini terus bergerak menjauhi wilayah Indonesia ke arah barat laut dengan kecepatan 15 km/jam.

Meski terus bergerak menjauh, siklon tropis Kong-Rey menimbulkan sejumlah dampak bagi beberapa wilayah Indonesia.

Dampak tersebut adalah potensi gelombang tinggi 1,25 hingga 2,5 meter terjadi di Perairan timur Kepulauan Talaud, utara Halmahera, Laut Halmahera, Perairan utara Papua Barat hingga Biak, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

Baca juga: Hurricane dan Typhoon, Mengapa Nama Badai dan Siklon Tropis Berbeda?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X