Trigeminal Neuralgia, Nyeri Paling Ngeri yang Menyerang Wajah Manusia

Kompas.com - 27/09/2018, 16:30 WIB
Ilustrasi saraf trigelmia sebagai sumber nyeri wajah trigelmia neuralgia. PainspaIlustrasi saraf trigelmia sebagai sumber nyeri wajah trigelmia neuralgia.

KOMPAS.com - 6 dari 100.000 orang di dunia mengalami nyeri luar biasa pada wajahnya. Nyerinya sangat ngeri. Desir angin bagai tamparan. Elusan bagai sayatan. Dunia medis menyebutnya sebagai trigeminal neuralgia.  

"Dari skala 1 sampai 10, nyeri ini skalanya 10," kata dr Mahdian Nur Nasution Sp BS, spesialis bedah saraf dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang, Jakarta.

Trigeminal neuralgia bertambah ngeri karena diagnosanya memakan waktu lama dan tak cukup lewat tes darah, rontgen, dan Magnetic Resonance Imaging (MRI).

"Kebanyakan pasien baru didiagnosa trigeminal neuralgia setelah bertahun-tahun berobat. Tes darah tidak akan bisa melihat. MRI saja juga tidak. Diagnosis biasanya ditegakkan dari cerita pasien," katanya dalam diskusi tentang trigelminal neuralgia di Klinik Nyeri dan Tulang Belakang, Kamis (27/9/2018).

Sebab dan Diagnosa

Biang nyeri hebat itu adalah gangguan saraf trigeminal di batang otak, bagian dalam kepala belakang bawah. Pemicunya ialah letak saraf yang terlalu dekat dengan pembuluh darah arteri ataupun vena.

Saat pembuluh berdenyut karena darah lewat, saat itu juga saraf tertekan. Rangsang tekanan dihantarkan ke cabang saraf kelima dari batang otak yang arahnya menuju balon ganglion di wajah.

Dari sana, rangsangan diteruskan ke ujung-ujung saraf di kening, dahi, hingga rahang bawah dan ditangkap indera manusia sebagai rasa nyeri.

"Nyeri bisa muncul di kening, dahi, atau banyak bagian sekaligus. Bisa juga di rahang sehigga pasien yang menderitanya kerap dikira sakit gigi saja," jelas dr Heri Aminuddin SpBS, spesialis bedah saraf lainnya.

Timbulnya trigeminal neuralgia kerap dihubungkan dengan faktor usia. Banyak penderita memang berusia lebih dari 50 tahun.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X