Kompas.com - 25/09/2018, 17:41 WIB

KOMPAS.com - Banyak rumah sakit dan laboratorium klinik kini menawarkan beragam pemeriksaan untuk mendeteksi kanker payudara, mulai ultrasonografi (USG), mamografi, hingga pemeriksaan genetik.

Nah, mana sebenarnya pemeriksaan yang paling tepat? Apakah yang paling mahal selalu yang paling bagus?

Dr Rachmawati Sp B (K) Onk., konsultan kanker dari Rumah Sakit Pondok Indah di Bintaro Jaya mengungkapkan, tepat tidaknya pemeriksaan tergantung pada densitas payudara dan faktor keturunan.

Pada perempuan usia muda, USG saja sudah cukup.

Sebabnya, pada perempuan muda, densitas atau kepadatan payudara masih tinggi sehingga kelainan payudara akan terlihat dengan USG. Biasanya, kelainan yang terlihat sudah dalam bentuk benjolan.

"Kalau pakai mamografi malah kelihatan putih semua," katanya dalam diskusi yang diadakan Rumah Sakit Pondok Indah pada Selasa (25/9/2018).

Sebaliknya, pada perempuan berusia 40 tahun ke atas, pemeriksaan paling tepat adalah mamografi. Pasalnya, densitas payudara lebih rendah sehingga bibit-bibit kanker akan terlihat jelas dengan mamografi.

Semakin tua, perempuan berpeluang mengetahui kanker payudara lebih awal.

Dengan mamografi, kanker bisa terdeteksi pada stadium 0, saat masih berupa karsinoma in situ, berupa bintik-bintik putih pada sel payudara.

Baca juga: Pria, Ketahuilah bahwa Kanker Payudara Juga Bisa Menyerang Anda

Lantas, kapan perempuan memerlukan pemeriksaan genetik?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.