Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Pertama Ditemukan, Sekelompok Beluga Adopsi Narwhal Muda

Kompas.com - 17/09/2018, 17:09 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Seekor paus narwhal muda yang tersasar 1.000 kilometer dari rumahnya di Arktika berhasil menemukan keluarga baru, yakni sekelompok paus beluga lokal.

Walaupun kedua spesies ini tampak berbeda, terutama karena narwhal bertanduk, mereka hidup rukun bersama-sama di Sungai St Lawrence dekat provinsi Quebec di Kanada.

Para peneliti dari Group for Research and Education on Marine Mammals (GREMM) pertama kali mendapati fenomena unik ini ketika sedang melakukan survei paus beluga di Sungai St Lawrence pada bulan Juli lalu.

“Narwhal bersikap seperti salah satu dari beluga,” ujar Robert Michaud, presiden dan direktur ilmiah GREMM kepada media lokal CBC News.

Baca juga: Terungkap, Alasan Paus Unicorn Narwhal Punya Tanduk

Sebetulnya, keberadaan kedua spesies ini di Sungai St Lawrence adalah perihal unik. Kedua spesies ini, terutama narwhal, biasanya hidup di perairan Arktika yang dingin dan tertutupi oleh es.

Namun, 120 ekor beluga yang hidup di Sungai St Lawrence adalah populasi terisolasi yang tidak bermigrasi.

Sementara itu, Martin Nweeia, seorang peneliti dan pakar narwhal di Universitas Harvard berkata bahwa dia tidak terkejut akan kedekatan narwhal dan beluga di Sungai St Lawrence.

“Aku rasa ini seharusnya tidak mengejutkan. Ini menunjukkan kasih sayang dan keterbukaan sebuah spesies untuk menerima anggota yang mungkin tidak terlihat atau bersikap seperti mereka. Mungkin ini adalah pelajaran yang baik untuk semua orang,” katanya.

Nweeia juga menjelaskan bahwa meskipun narwhal dan beluga tampak berbeda, kedua spesies ini sebetulnya sama-sama anggota keluarga Monodontidae yang sangat sosial.

Lalu dikarenakan oleh perubahan iklim di Arktika, GREMM memprediksi bahwa hal semacam ini mungkin lebih sering terjadi di Arktika.

“Kita sudah melihat fenomena ini (hidup berdampingan) pada spesies lain, seperti berutang kutub dan beruang cokelat amerika, yang bahkan ditemukan kawin satu sama lain,” tulis mereka dalam blog resmi GREMM.

Berikut adalah video kedua spesies ini berenang di Sungai St Lawrence:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com