Asam Lambung pada Bayi, Begini Tanda dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 17/09/2018, 10:25 WIB
Bayi sudah belajar bahasa sejak dini bellapresentationsBayi sudah belajar bahasa sejak dini


KOMPAS.com - Saat bayi mengeluarkan kembali ASI setelah menyusui, sebenarnya bayi sedang mengalami Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung.

Berbeda dengan muntah - saat otot bayi dipaksa berkontraksi - GERD terjadi begitu saja, bahkan ketika bayi sedang menyusu.

Lantas, mengapa bayi mengeluarkan kembali susunya? Apa yang sebenarnya terjadi?

Baca juga: Hati-hati GERD, jika Lengah Akan Berakhir Petaka

Dr Keir Shiels menjelaskan, susu yang diminum bayi akan menuju perut. Di antara saluran makanan dan perut, terdapat katup. Pada orang dewasa katupnya sangat rapat, namun pada beberapa bayi katup itu lebih longgar sehingga bisa menyebabkan GERD.

Karena bayi hanya bisa berkomunikasi lewat tangisan, Shiels berharap sebagai orangtua atau orang dewasa kita lebih peka.

"Saat bayi menangis lebih kencang ketika berbaring di posisi datar atau mendadak mengeluarkan makanannya selagi makan, dokter mungkin akan mengatakan bayi Anda mengalami reflux," jelasnya seperti dilansir The Huffington Post, (28/11/2017).

"Tentu saja semua bayi dapat menangis ketika berbaring, tetapi jika bayi Anda sangat tidak nyaman saat berbaring dan lebih tenang ketika duduk, reflux adalah penyebabnya," imbuhnya.

Dr Shiels menyarankan ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk menenangkan bayi yang kemungkinan mengalami GERD.

"Pertama-tama, letakkan beberapa bantal di bawah kasur bayi Anda sehingga bayi akan berbaring membentuk sudut sekitar 30 derajat," ujarnya.

Cara ini diyakini Shiels dapat membantu bayi mengembalikan dan menjaga makanan kembali ke perut bayi.

"Kemudian cobalah menggendong bayi Anda dengan posisi tegak dibanding posisi berbaring. Cara ini akan membuat bayi lebih nyaman," ungkapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X