Akan Ada Segitiga Venus, Bulan, dan Jupiter Selama 3 Hari, Saksikan!

Kompas.com - 12/09/2018, 17:24 WIB
Posisi Venus, Jupiter, dan Bulan yang akan terlihat terang hari ini. Posisi Venus, Jupiter, dan Bulan yang akan terlihat terang hari ini.

KOMPAS.com – Rabu (12/9/2018) malam ini, langit Anda akan dihiasi oleh pemandangan dari planet Venus, Jupiter, dan Bulan yang terlihat sangat terang.

Ini bukan fenomena langka tetapi karena kecerlangan benda-benda langitnya, fenomena ini menjadi sayang untuk dilewatkan.

Mutoha Arkanuddin dari Jogja Astro Club mengatakan, tiga benda paling terang yang akan terlihat malam ini adalah Venus, Jupiter, dan Bulan.

Menurutnya, Venus tampak sangat terang karena sedang berada pada sudut terjauh dengan matahari.

"Buat orang-orang yang suka astrofotografi bisa mengabadikan peristiwa nanti," katanya saat dihubungi Kompas.com, hari ini.

Magnitudo Venus mencapai -4,5. Magnitudo mencerminkan kecerlangan benda langit. Semakin kecil angkanya, semakin terang.

“Venus ada fasenya, seperti bulan, ada purnama, baru, sabit, Venus juga kadang ada di depan matahari, di belakang matahari, kadang terjauh dari matahari,' katanya.

"Malam ini kira-kira Venus seperti bulan separuh karena dia cukup jauh dari matahari sehingga cahayanya terlihat paling terang."

Baca juga: Peneliti Temukan Alasan Keganjilan Rotasi Planet Venus

Sementara itu, Jupiter akan tampak dengan magnitudo -1,87, cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang. Begitu juga bulan.

Yang menarik, ketiganya akan membentuk bangunan serupa segitiga hingga dua hari ke depan dan tampak dengan mata telanjang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X