Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katak Jenis Baru Ditemukan, Suaranya Mirip Jangkrik

Kompas.com - 12/09/2018, 14:50 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Editor

KOMPAS.com - Dua jenis katak baru ditemukan di Kalimantan. Penemu sekaligus ahli herpetologi Pusat Penelitian Biologi LIPI Amir Hamidy menyebut suaranya mirip jangkrik.

“Ukurannya kecil kurang dari 2 cm, tapi suaranya nyaring sekali tidak terputus-putus seperti suara jangkrik,” ujarnya.

Katak dengan genus Leptorachella itu berhasil diidentifikasi setelah 18 tahun berada dalam koleksi Djoko Iskandar, ahli zoologi Indonesia dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga terlibat dalam penemuan ini.  

Spesies baru ini diberi nama Leptorachella fusca dan Leptorachella bondangensis.

Pada keduanya, ditemukan pupil mata berbentuk vertikal. Ada pula kelenjar di sisi tubuhnya, terentang dari bawah kaki depan hingga selangka. Kelenjar ini berfungsi menjaga kelembaban kulit katak.

Baca juga: Kenapa Ular dan Katak Panah Tidak Mati karena Racunnya Sendiri?

Bedanya, kelenjar pada L. bondangensis terputus-putus sementara kelenjar L. fusca terlihat memanjang.

Kedua spesies katak ini juga memiliki warna yang berbeda. L. fusca mempunyai warna gelap tanpa corak. Sementara L. bondangensis memiliki kulit coklat dengan corak-corak di bawah perutnya.

Katak jangkrik hanya dapat ditemukan di daerah hutan tropis sekitar Borneo dan Natuna. Berudunya hidup di pasir-pasir di dasar sungai.  Katak dewasa biasa bertengger di daun-daun pohon yang tidak terlalu tinggi.

Menurut Amir, meski baru ditemukan, katak jangkrik bisa jadi sudah langka atau bahkan punah. Kelangsungan hidup katak ini memang sangat bergantung pada kondisi habitatnya. Selanjutnya, peneliti akan menentukan status konservasinya untuk dimasukan dalam daftar kelangkaan spesies Iinternational Union for Conservation of Nature (IUCN). (Levana Florentia)

 Baca juga: Spesies Katak Baru di Sumatera, Punya Organ Aneh di Perut

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com