Kompas.com - 09/09/2018, 19:33 WIB
Tumor 33 Kg bersarang di rahim perempuan Singapura Tumor 33 Kg bersarang di rahim perempuan Singapura

SINGAPURA, KOMPAS.com - Dokter Singapura baru saja menemui kasus tak biasa dari seorang perempuan 53 tahun. Mereka harus mengangkat tumor rahim seberat 27,6 kilogram.

Perempuan tersebut mengalami fibroid uterus atau leiomioma, tumor rahim yang tumbuh bertahun-tahun saat masa subur.

Sebenarnya, jenis tumor ini cukup umum dan tidak bersifat kanker. Meski begitu, menurut laporan di jurnal medis BMJ Case Reports, tumor ini bisa mengancam jiwa jika tumbuh secara eksponensial dan merusak organ di sekitarnya.

Dalam laporan tersebut, perempuan ini digambarkan sebagai perempuan Melayu menopause yang "vigro-intacta" atau perawan yang tak tersentuh.

Ketika tiba di Rumah Sakit Perempuan dan Anak KK Singapura, perempuan tersebut terbaring di tempat tidur dan tak dapat bergerak. Ini karena tumor itu telah mengambil alih sebagian besar rongga perut dan panggulnya.

Selain itu, dia telah berjuang untuk bernapas selama enam bulan terakhir. Ya, tumor tersbeut telah menghalangi udara masuk dengan bebas ke paru-parunya.

Poh Ting Lim, dokter yang menanganinya menyebut bahwa dia tidak memeriksakan diri sebelum ini karena takut prosedur operasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, pada akhirnya dia tetap harus menjalani operasi pengangkatan tumor yang bersarang di rahim itu. Tak hanya satu prosedur operasi saja, dia juga harus menjalani rekonstruksi dinding perut karena menipis akibat tumor itu.

Dilansir dari Washington Post, Sabtu (08/09/2018), kasus ekstrem semacam ini sebenarnya jarang terjadi karena mudah dideteksi oleh dokter selama pemeriksaan rutin.

Baca juga: Tumor Otak Wanita Ini Hilang Setelah Melahirkan, Kok Bisa?

Fibroid uterus terbesar yang pernah tercatat beratnya 63 kilogram. Tumor tersebut baru diangkat setelah pasien meninggal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.