Kompas.com - 05/09/2018, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Bagaimana rupa Bumi 100 tahun ke depan? Para ahli memprediksi, Bumi akan berubah menjadi dunia asing yang tak bisa dikenali dalam kurun waktu tersebut.

Hal tersebut dinyatakan para ilmuwan setelah melihat lebih dari 500 catatan iklim kuno.

Dari sana, mereka menyimpulkan perubahan iklim saat ini sebanding dengan apa yang dilalui Bumi ketika zaman es terakhir.

Selain itu, pergeseran seismik dalam keanekaragaman hayati yang terjadi kemungkinan juga akan terjadi kembali.

Untuk diketahui, pada akhir Zaman Es Terakhir, planet rumah kita ini memanas antara empat hingga tujuh derajat Celcius lebih tinggi. Hal itu membuat lapisan es yang menutupi sebagian besar Amerika Utara, Asia, dan Eropa Utara mencair.

Selama 10.000 tahun kemudian, ekosistem yang sama sekali baru muncul dan berkembang menjadi apa yang kita lihat sekarang.

Dalam skenario lain, para ilmuwan memprediksi jika emisi gas rumah kaca berlanjut maka planet kita akan menghangat sekitar 4 derajat Celcius pada 2100.

Prediksi tersebut kemudian diterbitkan dalam jurnal Science.

Tim peneliti internasional itu melihat ratusan catatan paleontologis tentang bagaimana ekosistem terestrial menanggapi perubahan iklim sekitar 20.000 tahun lalu.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana Bumi menyesuaikan diri dengan pemanasan serupa yang terjadi 100 hingga 150 tahun mendatang.