Bagaimana Dekapan Ibu Ringankan Rasa Sakit Pascasuntik pada Bayi?

Kompas.com - 03/09/2018, 11:57 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Tangisan bayi ketika atau setelah disuntik merupakan hal yang wajar. Biasanya, dokter memberikan air gula atau air susu ibu ( ASI) untuk menenangkan mereka.

Namun, sebuah studi terbaru menemukan cara yang lebih ampuh untuk mengurangi rasa sakit bayi yang disuntik. Cara tersebut adalah pelukan ibu.

Para peneliti secara acak memilih 80 bayi sehat untuk menguji satu dari empat cara mengurangi sakit dengan cara melakukan tes darah mengunakan jarum yang ditusukkan ke tumit para bayi tersebut.

Keempat cara itu adalah memberikan air gula saat di meja periksa, memberikan ASI saat di meja periksa; memberikan air gula saat dipeluk oleh ibu mereka; atau menyusui langsung dari sang ibu.

Para peneliti memperhatikan ekspresi bayi saat merasakan sakit.

Selanjutnya, mereka juga menggunakan alat non-infasif untuk mengukur level oksigen dalam otak mereka untuk mendeteksi bagian-bagian otak yang aktif akibat rasa sakit dan efek dari tipe-tipe pengurang rasa sakit.

"Secara klinis, pangkuan ibu, dikombinasikan dengan glukosa atau menyusui, memberikan pereda nyeri yang lebih baik daripada pemberian ASI perah dan glukosa saja," kata Dr Sergio Demarini, penulis senior penelitian ini.

"Alasan mengapa kombinasi dari metode-metode ini lebih berhasil adalah karena fakta bahwa metode-metode tersebut punya mekanisme kerja yang berbeda," sambung peneliti dari Institut Kesehatan Ibu dan Anak di IRCCS Burlo Garofolo di Trieste, Italia itu.

"Karena itu, efeknya mungkin kumulatif," tegasnya.

Penghilang nyeri non farmakologis atau bukan obat sering digunakan untuk anak-anak saat menjalani tindakan kecil yang menyakitkan, seperti tusuk jarum di tumit, kata para peneliti di jurnal Pedatrics.

Baca juga: Bayi di Inggris Punya Gigi Sejak Lahir, Ini Pelajaran untuk Kita

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X