Ilmuwan Ciptakan AI untuk Prediksi Evolusi Sel Kanker

Kompas.com - 02/09/2018, 19:48 WIB
- Shutterstock-

KOMPAS.com - Perkembangan artificial intelligence ( AI) atau kecerdasan buatan kian hari semakin baik. Kini, para ilmuwan memanfaatkan hal tersebut untuk memprediksi perkembangan dan evolusi sel kanker.

AI ini dibuat oleh tim dari Institute of Cancer Research London (ICR) dan Universitas Edinburgh. Mereka mengembangkan teknik baru yang dikenal sebagai Revolver (evolusi berulang kanker).

Teknik ini bekerja dengan mengambil pola mutasi DNA dalam kanker. Informasi tersebut nantinya digunakan untuk memperkirakan perubahan genetik di masa depan.

Seperti yang sudah jamak diketahui, sifat tumor selalu berubah atau berevolusi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam pengobatan kanker.

Alasan tersebut pula yang mendasari para peneliti menciptakan teknik baru itu.

"Kami telah mengembangkan alat kecerdasan buatan kuat yang bisa membuat prediksi tentang langkah-langkah masa depan dalam evolusi tumor berdasarkan pola mutasi tertentu yang sejauh ini masih tersembunyi dalam kumpulan data yang rumit," ungkap Dr Andrea Sottoriva, pemimpin penelitian ini dikutip dari BBC, Sabtu (01/09/2018).

Cara tersebut diharapkan bisa membantu dokter untuk merancang perawatan paling efektif untuk setiap pasien.

Jika dokter bisa memprediksi bagaimana tumor akan berevolusi, mereka dapat melakukan intervensi sebelumnya untuk menghentikan kanker di jalurnya sebelum berevolusi.

Artinya, ini bisa meningkatkan kemungkinan pasien bertahan hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber BBC
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X