Kompas.com - 24/08/2018, 11:44 WIB

KOMPAS.com - Dalam Milky Way atau Bima Sakti, kumpulan bintang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama kaya akan unsur "alfa" seperti oksigen, magnesium, dan silikon, sementara kelompok kedua lebih banyak mengandung zat besi.

Alasan yang melatarbelakangi perbedaan dua kelompok bintang itu telah lama menjadi misteri dan perdebatan. Kini, penjelasan seorang astronom Masafumi Noguchi dari Tohoku University, Sendai, Jepang mungkin dapat menjawab teka-teki tersebut.

Noguchi mengatakan, ia telah menghitung evolusi galaksi selama periode 10 miliar tahun berdasarkan teori yang disebut pertambahan aliran dingin.

Teori ini mulanya digunakan untuk menggambarkan galaksi yang jauh lebih besar daripada galaksi kita. Namun, Noguchi menunjukkan bahwa teori itu juga berlaku untuk menguraikan galaksi Bima Sakti.