Gelombang Panas Eropa Bikin Flamingo Bertelur Lagi Setelah 15 Tahun

Kompas.com - 14/08/2018, 10:21 WIB
Berkat gelombang panas yang menyapu eropa sepanjang tahun, burung flamingo Andes yang langka bertelur lagi dalam 15 tahun. Berkat gelombang panas yang menyapu eropa sepanjang tahun, burung flamingo Andes yang langka bertelur lagi dalam 15 tahun.

KOMPAS.com - Selama Mei hingga Juni tahun ini, gelombang panas telah menyapu dataran Eropa. Mungkin fenomena ini tidak menyenangkan untuk manusia, namun hal sebaliknya justru dirasakan burung flamingo Andes.

Spesies yang sudah tergolong langka itu nampak bersemangat. Buktinya, enam burung flamingo Andes yang tinggal di cagar alam Wildfowl & Wetlands Trust (WWT) Slimbridge, Inggris barat daya, bertelur untuk pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir.

Menurut keterangan resmi suaka margasatwa, burung cantik berwarna merah muda itu bisa bertelur lagi karena adanya gelombang panas. Fenomena ini mengingatkan mereka akan habitat alaminya yang panas dan lembab.

Total ada sembilan telur yang dikeluarkan burung merah muda cantik itu. Sayangnya, tak satu pun dari telur itu dibuahi, sehingga tidak menetas.