6 Hal dengan Bau Paling Menyengat di Dunia, Menurut Sains

Kompas.com - 06/08/2018, 12:59 WIB
Ilustrasi durian toodlingStudioIlustrasi durian

KOMPAS.com - Banyak aroma dan bau menyengat yang pernah kita hirup. Mulai dari telur busuk, bangkai, muntahan, durian, dan lain sebagainya. Namun, bau apakah yang paling menyengat di dunia menurut sains?

Studi terkait hal ini sebenarnya cukup rumit. Menurut penelitian yang terbit di The Journal of Neuroscience, bau menyengat dipengaruhi oleh unsur kimia di dalamnya.

Studi yang terbit pada 2007 itu telah mengamati 1.500 benda dari 150 molekul berbeda untuk mengamati hubungan antara bau menyengat dengan sifat fisikokimia, yakni cara molekulnya diatur.

Ahli yang berasal dari University of California, Berkeley, menemukan bahwa banyak molekul dan kerapatan elektron berkaitan erat dengan bau.

Baca juga: Bau Mulut? Makanan Ini Mungkin Membantu

Molekul yang lebih berat dikaitkan dengan bau busuk menyengat, sementara molekul yang lebih ringan dikaitkan dengan aroma yang lebih menyenangkan untuk dihirup.

Sebagai contoh, Butanol memiliki molekul padat dan elektron berjarak akan mengeluarkan bau seperti kayu yang membusuk. Sementara limonene, molekul yang ringan baunya seperti jeruk.

Seorang ahli penciuman yang hidungnya sangat sensitif terhadap bau juga percaya bahwa aroma tertentu dapat memengaruhi respons otak manusia.

Tak hanya dipengaruhi oleh unsur kimia. Para ahli yakin, cara kita merespons bau berkaitan erat dengan evolusi.

"Sebagai contoh, tikus laboratorim yang belum pernah bertemu dengan kucing melalui generasi pemuliaan masih bereaksi dan takut terhadap bau kucing. Namun, ia biasa saja saat menanggapi bau baru," ujar penulis dalam laporannya dilansir Science Alert, Minggu (5/8/2018).

Berikut adalah enam hal dengan bau paling menyengat di dunia.

1. Uranus

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X