Kompas.com - 02/08/2018, 18:34 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Wedang jahe merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang cukup mudah ditemui. Jahe sendiri telah diketahui punya segudang manfaat kesehatan.

Namun, siapa sangka, salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan adalah penghilang bau mulut.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkapkan, ada sebuah senyawa dalam jahe yang bisa menghilangkan bau mulut.

Senyawa yang Berperan

Senyawa tersebut dikenal sebagai 6-gingerol. Ia merangsang enzim dari air liur yang bisa memecah senyawa berbau busuk.

Hal inilah yang membuat napas Anda menjadi lebih baik.

Temuan ini didapatkan oleh para ilmuwan dari Technical University of Munich (TUM) dan Leibniz-Institute for Food Systems Biology.

Mulanya, mereka bermaksud menganalisi efek dari komponen makanan tertentu pada molekul yang larut dalam air liur.

Mereka menemukan banyak komponen, seperti 6-gingerol, berkontribusi langsung pada rasa makanan dan minuman. Namun, mereka juga secara tidak langsung mempengaruhi indra perasa melalui mekanisme biokimia lainnya yang masih belum diketahui.

Profesor Thomas Hofmann, ketua penelitian ini lalu menyelidiki fenomena tersebut secara lebih rinci.