Kenapa Udang Ini Hobi Membersihkan Gigi Para Penyelam?

Kompas.com - 30/07/2018, 21:04 WIB
Seekor penyelam dibersihkan giginya oleh udang pembersih Pasifik (Lysmata amboinensis). Victoria KronsellSeekor penyelam dibersihkan giginya oleh udang pembersih Pasifik (Lysmata amboinensis).

KOMPAS.com – Seorang warga Australia, Victoria Kronsell, mendapati pengalaman unik ketika berlibur ke Pulau Hideaway, Vanuatu. Di pulau ini, ia merekam seorang penyelam dibersihkan giginya oleh udang pembersih Pasifik (Lysmata amboinensis).

Walaupun Kronsell tidak mencoba sendiri, Benjamin Titus dari American Museum of Natural History yang mempelajari interaksi udang ini dan manusia berkata bahwa ini merupakan pengalaman yang sering kali dicoba oleh para penyelam di daerah ini.

Eleanor Caves, seorang peneliti postdoctoral di Duke University, berkata bahwa udang-udang ini memiliki kemampuan melihat yang buruk. Alhasil, udang pun melihat manusia seperti klien ikan besar yang perlu giginya dibersihkan.

Studi baru yang dikutip oleh Caves bahkan menunjukkan bahwa udang-udang ini akan mencoba membersihkan bagian-bagian yang gelap dari iPad yang ditempelkan ke akuarium mereka.

Baca juga: Semua Betina, Udang Karang Ini Reproduksi dengan Kloning Alami

Sebagai gantinya, udang-udang ini mendapat makanan gratis.

Akan tetapi, Caves menyarankan untuk tidak melakukan hal-hal semacam ini dan sekadar mengamati udang-udang ini bekerja dari jauh.

Masalahnya bukan rasanya atau bahayanya bagi manusia. Caves mengatakan, mereka (udang-udang) begitu kecil sehingga Anda hampir tidak akan merasakannya (ketika dibersihkan), kecuali ketika mereka kadang-kadang mencoba menggali lebih dalam dengan chelae (capit), itu rasanya seperti ditusuk-tusuk.

Akan tetapi, aktivitas manusia dikhawatirkan akan menganggu ikan-ikan lain di wilayah tersebut.

Dalam studi tahun 2015, Titus dan timnya mengamati perilaku ikan dan udang pembersih di dua lokasi. Satu lokasi jarang disentuh manusia, sedangkan satunya sangat sering digunakan sebagai lokasi menyelam.

Mereka menemukan bahwa ketika ada manusia, aktivitas ikan dan udang berkurang. Ini terjadi bahkan di lokasi yang sering dikunjungi manusia. Sementara itu, di lokasi yang jarang disentuh manusia, seluruh aktivitas ikan dan udang langsung berhenti, walaupun mereka baik-baik saja ketika hanya diamati menggunakan kamera.

Dengan meminta udang membersihkan gigi mereka, para penyelam bisa jadi malah membuat klien-klien ikan yang memang benar-benar butuh pembersihan mengalih, kata Caves.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X