Peneliti Buat AI yang Bisa Tebak Kepribadian Hanya dengan Melihat Mata

Kompas.com - 30/07/2018, 18:33 WIB
Ilustrasi mata Digital VisionIlustrasi mata

KOMPAS.com - Ungkapan " mata adalah jendela jiwa" agaknya kembali terbukti melalui penelitian. Kali ini para peneliti melibatkan Artificial Intelligence ( AI) atau kecerdasan buatan.

AI buatan para peneliti dari Australia ini bisa memprediksi kepribadian seseorang hanya dengan memperhatikan mata mereka.

"Berkat pendekatan pembelajaran mesin kami, kami tidak hanya memvalidasi peran kepribadian dalam menjelaskan gerakan mata dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Tobias Loetscher, neuropsikolog di University of South Australia dikutip dari Science Alert, Senin (30/07/2018).

"Tetapi juga mengungkapkan karakteristik gerakan mata sebagai prediktor ciri-ciri kepribadian," sambungnya.

Dalam penelitian sebelumnya, para peneliti menemukan bahwa gerakan mata menandakan tentang cara berpikir dan merasakan seseorang, baik sadar maupun tanpa sadar, selama hubungan interpersonal.

Hal itu kemudian memunculkan pertanyaan dalam benak peneliti, bisakah gerakan mata mewakili kepribadian internal?

Dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Human Neuroscience, untuk menjawab hal itu, para peneliti merekrut 50 peserta.

Para peserta kemudian diminta mengisi kuesioner yang menunjukkan kepribadian mereka dalam lima besar: Keterbukaan, Kehati-hatian, Neurotisme (kemampuan menghadapi stres), Kesepakatan, dan Ekstraversi (tingkat kenyamanan).

Selanjutnya, para peserta diminta menggenakan perangkat pelacak mata selama sepuluh menit. Perangkat ini digunakan untuk merekam pergerakan mata mereka ketika mereka diminta membeli sesuatu di sebuah toko.

Ketika AI menganalisis data yang terekam, hasilnya bisa mengisolasi pola gerakan mata. Kemudian, pola ini dicocokkan dengan profil psikologis dasar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X