Foto: Penampakan Gerhana Bulan Total di Luar Angkasa dan Seluruh Dunia

Kompas.com - 29/07/2018, 12:32 WIB
Gerhana bulan total atau Blood Moon terlihat dari Monumen Perjuangan Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/7/2018). Gerhana Bulan tersebut merupakan yang terlama pada abad ini dengan durasi sepanjang 103 menit dan seluruh proses gerhana sekitar 6,5 jam. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGGerhana bulan total atau Blood Moon terlihat dari Monumen Perjuangan Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/7/2018). Gerhana Bulan tersebut merupakan yang terlama pada abad ini dengan durasi sepanjang 103 menit dan seluruh proses gerhana sekitar 6,5 jam.

KOMPAS.com - Sabtu (28/07/2018) dini hari lalu, hampir seluruh wilayah dunia bisa menyaksikan gerhana bulan total. Gerhana bulan ini menjadi yang terpanjang di abad ke-21.

Sejauh ini, berbagai foto gerhana bulan dari seluruh dunia telah tersebar di dunia maya. Tak ketinggalan, foto blood moon dari stasiun luar angkasa internasional ( ISS) juga turut meramaikan.

Gambar-gambar gerhana bulan ini diambil dan diunggah oleh astronot Badan Antariksa Eropa (ESA), Alexander Gerst.

Dalam cuitannya di Twitter, Gerst menuliskan, "Hanya memotret #GerhanaBulan dari @Space_Station. Sulit dipotret. Goresan warna biru (dalam foto) adalah atmosfer Bumi, tepat sebelum Bulan 'menyelaminya'."

Selain foto dari ISS, berikut penampakan gerhana bulan total dari seluruh dunia.

1. Jakarta - Indonesia

Astronom amatir Marufin Sudibyo sukses mengabadikan warna gerhana yang kebiruan ini dari Kramat, Jakarta Pusat.Marufin Sudibyo Astronom amatir Marufin Sudibyo sukses mengabadikan warna gerhana yang kebiruan ini dari Kramat, Jakarta Pusat.

Foto yang diabadikan Marufin Sudibyo, astronom amatir ini memperlihatkan wajah bulan yang "berbedak" biru.

Bulan kebiruan itu diabadikan dengan kamera Nikon D60 yang dirangkai dengan teleskop Celestron altazimuth 70 mm dengan teknis fokus prima.

"Warna biru itu dari cahaya matahari yang melewati lapisan ozon; diteruskan komponen cahaya birunya," jelasnya kepada Kompas.com, Sabtu (28/7/2018).

Selain foto milik Marufin, berikut gerhana bulan yang berhasil diambil oleh tim Pertunjukan Planetarium, Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki.

Kenampakan gerhana bulan total pada Sabtu, 28 Juli 2018, di Planetarium dan Observatorium, Cikini.Photographer: Muhammad Rayhan. Kenampakan gerhana bulan total pada Sabtu, 28 Juli 2018, di Planetarium dan Observatorium, Cikini.

Baca juga: Dari Daerah Kramat Jakarta, Bulan Bermuka Biru saat Gerhana

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X