Bahan Murah Ini Bisa Bikin Baterai Lebih Cepat Penuh

Kompas.com - 27/07/2018, 18:33 WIB
Galaxy S6 Edge mengisi baterai di atas aksesori wireless charging pad Oik Yusuf/ Kompas.comGalaxy S6 Edge mengisi baterai di atas aksesori wireless charging pad

KOMPAS.com - Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk mengisi baterai smartphone dari nol hingga penuh? Mungkin satu jam atau lebih, bukan?

Namun kini, mengisi baterai mungkin akan lebih singkat. Pasalnya, sekelompok peneliti dari Inggris baru saja mengidentifikasi materi yang bisa membantu mengisi ulang baterai dengan lebih cepat.

Bahkan, materi ini bisa membuat Anda mengisi penuh baterai hanya dalam hitungan menit.

Bahan tersebut adalah niobium tungsten oksida. Materi ini membuat ion lithium dapat bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Artinya, ia membuat pengisian baterai jauh lebih cepat.

Sebagai informasi, kecepatan pengisian baterai bergantung pada tingkat kecepatan gerak dari partikel bermuatan positif (ion lithium) menuju elektroda bermuatan negatif.

Sayangnya, saat ini, yang membatasi kecepatan pengisian baterai adalah materi yang dilalui ion lithium yaitu keramik.

"Kami selalu mencari bahan untuk kinerja baterai tingkat tinggi, yang akan menghasilkan muatan yang jauh lebih cepat dan juga bisa memberikan output daya tinggi," ujar Kent Griffith, penulis utama penelitian ini dikutip dari Newsweek, Rabu (25/07/2018).

Salah satu solusi potensialnya adalah membuat struktur yang lebih kecil. Dengan kata lain harus membuat baterai dengan nanopartikel.

Tetapi, membuat materi berukuran nano justru lebih mahal dan sulit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X