Video NASA Ini Buktikan Ada Ribuan Asteroid di Dekat Bumi

Kompas.com - 27/07/2018, 17:35 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber SPACE.COM

KOMPAS.com - Beberapa kali asteroid dengan berbagai ukuran melintas di dekat orbit Bumi. Ini membuat mereka masuk dalam katergori "berpotensi bahaya".

Bahkan, di antara asteroid-asteroid itu, ada yang luput dari pantauan dan memasuki atmosfer Bumi.

Namun, pernahkah Anda bertanya, sebenarnya ada berapa asteroid yang melintas di dekat Bumi?

Badan Antariksa AS (NASA) mencoba memetakan semua asteroid dekat Bumi (NEA). Asteroid yang termasuk golongan NEA berjarak sekitar 50 juta kilometer dari orbit planet kita.

Untuk memudahkan pemetaan, NASA membuat animasinya. Peta ini didasarkan pada data dari tahun 1999 hingga Januari 2018, atau dalam kurun waktu 19 tahun.

Terlihat perbedaan yang mencolok dalam kurun waktu tersebut. Pada 1999 misalnya, NEA yang teridentifikasi adalah bintik-bintik tipis dalam tata surya.

Sedang pada 2009, mulai ditemukan banyak NEA. Bahkan, dalam video berdurasi 55 detik itu memperlihatkan seberapa padatnya area di dekat Bumi.

Setidaknya, para astronom telah mendeteksi 18.000 obyek dekat Bumi (NEO), yang juga mencakup komet. Hingga kini, populasi obyek-obyek tersebut diperkirakan berjumlah jutaan.

Kabar baiknya, para ilmuwan NASA telah menemukan bahwa 95 persen obyek tersebut tidak berpotensi bahaya bagi Bumi.