Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video NASA Ini Buktikan Ada Ribuan Asteroid di Dekat Bumi

Kompas.com - 27/07/2018, 17:35 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber SPACE.COM

KOMPAS.com - Beberapa kali asteroid dengan berbagai ukuran melintas di dekat orbit Bumi. Ini membuat mereka masuk dalam katergori "berpotensi bahaya".

Bahkan, di antara asteroid-asteroid itu, ada yang luput dari pantauan dan memasuki atmosfer Bumi.

Namun, pernahkah Anda bertanya, sebenarnya ada berapa asteroid yang melintas di dekat Bumi?

Badan Antariksa AS (NASA) mencoba memetakan semua asteroid dekat Bumi (NEA). Asteroid yang termasuk golongan NEA berjarak sekitar 50 juta kilometer dari orbit planet kita.

Untuk memudahkan pemetaan, NASA membuat animasinya. Peta ini didasarkan pada data dari tahun 1999 hingga Januari 2018, atau dalam kurun waktu 19 tahun.

Terlihat perbedaan yang mencolok dalam kurun waktu tersebut. Pada 1999 misalnya, NEA yang teridentifikasi adalah bintik-bintik tipis dalam tata surya.

Sedang pada 2009, mulai ditemukan banyak NEA. Bahkan, dalam video berdurasi 55 detik itu memperlihatkan seberapa padatnya area di dekat Bumi.

Setidaknya, para astronom telah mendeteksi 18.000 obyek dekat Bumi (NEO), yang juga mencakup komet. Hingga kini, populasi obyek-obyek tersebut diperkirakan berjumlah jutaan.

Kabar baiknya, para ilmuwan NASA telah menemukan bahwa 95 persen obyek tersebut tidak berpotensi bahaya bagi Bumi.

Baca juga: Bisakah Manusia Hidup di Asteroid?

Sebagai informasi, program pengamatan NEO milik NASA bekerja untuk menemukan dan melacak 90 persen dari NEO yang paling tidak berukuran lebar 140 meter pada tahun 2020.

Pusat penelitian dan analisis data dari program ini adalah Pusat Studi Objek Dekat-Bumi (CNEOS), yang berlokasi di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.

"Kami menghitung orbit presisi tinggi untuk semua asteroid dan komet dan memetakan posisi mereka di tata surya, baik ke depan dalam waktu untuk mendeteksi dampak potensial, dan mundur untuk melihat di mana mereka berada di langit," kata Direktur CNEOS Paul Chodas dikutip dari Space.com, Selasa (24/07/2018).

"Kami menyediakan peta orbit terbaik untuk semua benda kecil yang dikenal di tata surya," sambungnya.

Tak hanya di dekat Bumi, video yang baru dirilis ini juga memetakan semua asteroid yang diketahui di sabuk utama antara Mars dan Jupiter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SPACE.COM


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com