5 Fenomena Memukau yang Bisa Dilihat pada Gerhana Bulan Total 28 Juli

Kompas.com - 25/07/2018, 21:05 WIB
Kombinasi penampakan bulan saat terjadinya gerhana bulan total atau super blue blood moon, di Islamabad, Pakistan, Rabu (31/1/2018) malam. Warga di berbagai belahan dunia antusias menyaksikan fenomena langka yang terjadi bertepatan saat bulan berada dalam konfigurasi supermoon dan blue moon ini terjadi sekitar dalam kurun waktu 150 tahun sekali.AFP PHOTO/AAMIR QURESHI Kombinasi penampakan bulan saat terjadinya gerhana bulan total atau super blue blood moon, di Islamabad, Pakistan, Rabu (31/1/2018) malam. Warga di berbagai belahan dunia antusias menyaksikan fenomena langka yang terjadi bertepatan saat bulan berada dalam konfigurasi supermoon dan blue moon ini terjadi sekitar dalam kurun waktu 150 tahun sekali.

KOMPAS.com - Sabtu (28/07/2018) mendatang, warga Indonesia akan bisa menyaksikan gerhana bulan total (GBT) atau bulan darah.

Seperti yang kita ketahui, setiap fenomena gerhana bulan total selalu istimewa. Bagitu pula yang akan kita lihat hari Sabtu mendatang.

Namun, apa saja keunikan dan keistimewaan gerhana bulan kali ini?

1. Terlama pada Abad 21

"Durasi gerhana secara keseluruhan adalah 6 jam 14 menit," kata Marufin Sudibyo, astronom amatir kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Jumat (06/07/2018).

Bahkan, gerhana kali ini disebut-sebut sebagai blood moon terpanjang pada abad ke-21.

Artinya, gerhana bulan serupa hanya akan bisa ditemui 100 tahun lagi. Tepatnya pada 9 Juni 2123.

2. Gerhana Sekaligus Minimoon

Berbeda dengan gerhana bulan sebelumnya yang bersamaan dengan Supermoon, GBT kali ini bertepatan dengan Minimoon.

Saat puncak gerhana nanti, jarak Bumi dan Bulan diperhitungkan sebesar 406.100 kilometer. Artinya, ini lebih jauh dari jarak Bumi dan Bulan biasanya yang hanya 384.400 kilometer.

"Secara tak resmi Bulan dengan fase purnama yang bertepatan atau hampir bertepatan dengan saat Bulan menempati titik apogee-nya dikenal sebagai Minimoon," kata Marufin.

3. Fenomena Paras Bulan yang Kebiruan

Halaman:



Close Ads X