3 Mahasiswi UMP Ciptakan Gel Antijerawat dari Limbah Kulit Semangka

Kompas.com - 21/07/2018, 17:07 WIB
Tim Program kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memamerkan produk Citrula Gel, Kamis (19/7/2018). Citrula Gel merupakan gel antijerawat yang terbuat dari ekstrak limbah kulit semangka. M Iqbal FahmiTim Program kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memamerkan produk Citrula Gel, Kamis (19/7/2018). Citrula Gel merupakan gel antijerawat yang terbuat dari ekstrak limbah kulit semangka.

PURWOKERTO, KOMPAS.com — Satu masalah yang pernah dialami hampir oleh setiap orang adalah jerawat. Selain membuat rasa tidak nyaman karena nyeri, kehadiran jerawat di wajah pasti akan sangat mengganggu penampilan.

Saat ini, memang banyak sekali serum antijerawat kimia yang dijual bebas di pasaran. Namun, tahukah Anda jika salah satu obat penghilang ‘si mungil’ yang menggemaskan ini ternyata juga terkandung dalam kulit buah semangka.

Tiga mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil menemukan sebuah gel antijerawat dari limbah kulit buah semangka (Citrullus lanatus). Tiga mahasiswa tersebut yakni Yola Anggraeni, Tika Ambarwati, dan Irmas Miranti.

Mereka yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) Fakultas Farmasi UMP ini memberi nama gel antijerawat tersebut “Citrula Gel”.

Baca juga: Terinspirasi Siput, Peneliti Ciptakan Lem Super untuk Organ Tubuh

Ketua Tim PKM-PE Yola Anggraeni mengungkapkan, kulit buah semangka memiliki senyawa aktif sebagai antibakteri, yaitu terpenoid. Terpenoid ini mengandung senyawa likopen dari golongan karotenoid yang oleh Yola diklaim memiliki kandungan antibakteri untuk mengatasi jerawat.

“Melalui metode in vitro pada media nutrien agar, cukup dengan 5 persen konsentrasi ekstrak sudah mampu menghambat perkembangan bakteri Propionibacterium acnes dan bakteri Staphylococcus aureus yang menyebabkan jerawat,” ujarnya.

Yola menjelaskan, uji formulasi produk Citrula Gel dilakukan olehnya selama hampir empat bulan. Walaupun ekstrak kulit semangka ini bekerja lebih lambat dari Klindamisin yang biasa digunakan dalam produk obat antijerawat kimia, dia yakin Citrula Gel dapat lebih aman digunakan karena terbuat dari bahan herbal.

“Saat ini produk Citrula Gel sudah lolos tahap uji formulasi, dalam jangka waktu dekat akan kami lanjutkan ke tahap uji praklinis dan uji klinis untuk mengetahui khasiat secara pasti pada tubuh manusia,” ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X