Kompas.com - 20/07/2018, 18:32 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi


KOMPAS.com - Beberapa suplemen diet mengklaim kafein dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan dan mempercepat metabolisme. Namun, temuan berdasar bukti ilmiah menyebut itu hanya mitos belaka.

Studi yang baru diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, Kamis (19/7/2018), menegaskan kafein tidak memiliki efek dalam penurunan berat badan.

Ahli melibatkan 50 orang dewasa berusia 18 sampai 50 tahun dalam penelitian. Semua peserta diminta datang ke laboratorium seminggu sekali selama tiga minggu berturut-turut di pagi hari untuk meminum jus dengan kandungan kafein rendah, kandungan kafein tinggi, dan minuman plasebo yang tidak mengandung kafein.

Baca juga: Mencium Aroma Kopi Terbukti Bisa Tingkatkan Kecerdasan Kognitif

Saat minuman diberikan, ahli merahasiakan jenis minuman apa yang diberikan kepada peserta, yang jelas semua peserta menerima ketiga minuman tersebut.

Tak hanya diberi jus, peserta juga diminta untuk sarapan yang telah disediakan dalam bentuk prasmanan. Semua peserta dibebaskan mengonsumsi apapun yang mereka inginkan.

Setelah pulang, peserta diminta mendokumentasikan apa yang mereka makan sepanjang sisa hari menggunakan alat online. Mereka juga diminta mencatat tingkat nafsu makan sepanjang hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya, saat peserta meminum jus dengan kafein dosis rendah, mereka mengonsumsi makanan 10 persen lebih sedikit dibanding saat mereka meminum jus yang bebas kafein atau saat meminum jus dengan kadar kafein tinggi.

Saat minum jus dengan kadar kafein rendah, rata-rata peserta mengonsumsi sekitar 650 kalori. Sementara saat minum jus bebas kafein, rata-rata peserta mengonsumsi 721 kalori. Terakhir, saat minum jus dengan kadar kafein dosis tinggi, mereka mengonsumsi sekitar 715 kalori.

Selain itu, tidak ada satupun peserta yang melaporkan nafsu makan mereka saat sarapan berubah.

Ahli pun tidak menemukan perbedaan signifikan terkait nafsu makan atau jumlah makanan yang dimakan sepanjang hari, setelah peserta pulang dari laboratorium.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.