Terancam Punah, Paus Biru Justru Ditangkap Pemburu di Islandia - Kompas.com

Terancam Punah, Paus Biru Justru Ditangkap Pemburu di Islandia

Kompas.com - 13/07/2018, 17:35 WIB
Paus Biru yang Ditangkap oleh pemburu Paus Islandia Paus Biru yang Ditangkap oleh pemburu Paus Islandia

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, foto-foto bangkai paus biru menjadi viral di media sosial. Foto ini diduga menunjukkan penangkapan para pemburu paus Islandia.

Menurut Persatuan Internasional untuk Pelestarian Alam (IUCN), paus biru belum pernah sengaja diburu dan dibunuh sejak 1978.

Artinya, perburuan terhadap paus biru merupakan tindakan ilegal. Ini membuat foto-foto tersebut menjadi sebuah masalah besar.

"Saya tidak bisa sepenuhnya mengesampingkan bahwa itu mungkin paus hibrida, saya tidak melihat karakteristik yang akan menunjukkan hal itu," ungkap Philip Clapham, petugas Pusat Ilmu Perikanan Alaska Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) dikutip dari Science Alert, Jumat (13/07/2018).

"Dari foto-foto itu, semua karakteristiknya menunjukkan paus biru - terutama pada pola warnanya - Hampir tidak mungkin pengamat yang berpengalaman akan salah mengartikannya sebagai paus jenis lain," sambungnya.

Meski begitu, perusahaan yang menangkap paus tersebut mengungkapkan hal berbeda. Perusahaan Hvalur hf menyebut paus tangkapannya adalah hibrida.

"Saya benar-benar yakin bahwa itu adalah paus hibrida," kata Kristjan Loftsson yang mengelola Hvalur.

"Untuk kesalahan mengenali paus biru sebagai paus sirip tidak mungkin, paus ini memiliki semua karakteristik paus sirip di laut," sambungnya.

Loftsson juga menjelaskan bahwa ketika perusahaannya melihat paus biru maka mereka akan meninggalkannya. Mereka menegaskan hanya mencari paus sirip.

Baca juga: Lebih Lama, Paus Ternyata Telah Diburu Sejak Romawi Kuno

Sebenarnya, Islandia bersama dengan negara-negara lain setuju untuk menghormati keputusan Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional pada 1960-an.

Ini berarti, perburuan paus biru di negara tersebut adalah tindakan ilegal.

Meski begitu, Islandia masih memberi ijin untuk perburuan paus sirip. Mereka beralasan karena status paus sirip tidak terancam.

Menurut Konservasi Paus dan Lumba-lumba, pemburu paus Islandia telah membunuh empat ekor paus biru dan paus sirip hibrida.

Paus hibrida merupakan wilayah abu-abu legal di negara itu. Hal ini membuka kesempatan bagi para pemburu paus untuk mengatakan mereka melakukan kesalahan.

Melihat viralnya foto-foto tersebut, pemerintah Islandia menjanjikan penyelidikan dan tes DNA untuk menentukan hewan ini.

Namun, para aktivis tidak puas dengan hal itu. Mereka berharap kasus ini membuka mata bahwa telah terjadi kerusakan di alam akibat perburuan paus.

"Kami berharap itu bisa menutup perburuan paus di Islandia,"ujar Astrid Fuchs dari Konservasi Paus dan Lumba-lumba.

"Ini menegaskan apa yang dokatakan para ilmuwan selama bertahun-tahun bahwa penangkapan paus tidak dapat diatur karena selalu di luar kendali. Mereka berburu tapi tidak tahu apa yang mereka tembak," tegasnya.



Close Ads X