Kerap Menelusuri Goa, Dokter Australia Ikut Selamatkan Remaja Thailand - Kompas.com

Kerap Menelusuri Goa, Dokter Australia Ikut Selamatkan Remaja Thailand

Kompas.com - 10/07/2018, 12:32 WIB
Dr Richard Harris, salah satu dokter yang terlibat penyelamatan remaja Thailand Dr Richard Harris, salah satu dokter yang terlibat penyelamatan remaja Thailand

KOMPAS.com - Hampir 100 orang dari berbagai negara terlibat dalam usaha menyelamatkan 12 remaja yang terjebak dalam gua di Thailand.

Salah seorang diantaranya adalah dokter ahli anestesi dari Adelaide, Richard Harris. Selain berprofesi sebagai dokter, Harris juga banyak melakukan kegiatan di bidang penelusuran gua.

Richard "Harry' Harris sudah terbang dari Adelaide ke Thailand sebagai bagian dari tim Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia guna membantu usaha pencarian resmi.

Pihak berwenang Thailand mengatakan 90 penyelam gua terlibat dalam usaha penyelamatan dan 50 diantaranya adalah warga asing.

Bill Griggs, yang sudah lama mengenal Harris ketika sama-sama bekerja di Australia Selatan mengatakan, ketrampilan unik yang dimiliki Harris membuatnya sangat membantu dalam usaha penyelamatan di sana.

"Untuk melakukan penelurusan gua, kita harus betul-betul teliti dengan segalanya." kata Dr Griggs.

"Keadaan bisa memburuk dengan cepat kalau kita tidak memiliki rencana cadangan, dan Harry juga menerapkan hal tersebut ketika bertugas sebagai dokter," sambungnya.

Untuk diketahui, Harris menyelesaikan pendidikan kedokteran di Flinders University di Adelaide.

Kemudian, dia melanjutkan pendidikan S2 dalam bidang penyelamatan korban di udara di James Cook University.

Pengalaman penelusuran gua Dr Harris sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Baca juga: Berkaca Kasus Thailand, Bagaimana Sistem Peringatan Dini Goa di Indonesia?

Dia sudah pernah menelusuri banyak gua termasuk di China, Christmas Island, dan Selandia Baru.

Dr Griggs, yang juga terlibat dalam membantu tim medis dalam kejadian ledakan bom di Bali, mengatakan kombinasi yang dimiliki oleh Harris di bidang kedokteran dan penelusuran gua membuatnya sangat cocok dilibatkan dalam kasus di Thailand.

"Dia sudah banyak melakukan penelusuran gua selama bertahun-tahun, dan dia masuk dalam kelompok sedikit orang yang memiliki ketrampilan tinggi di bidang ini," kata Dr Griggs.

"Kombinasi antara kemampuannya di bidang kedokteran dan kemampuannya menyelam di dalam gua jelas menjadi faktor dimana para pakar dari Inggris juga memintanya untuk ikut terlibat," tegasnya.

Dilaporkan bahwa Dr Harris termasuk dalam tim yang masuk ke dalam gua untuk mengecek kesehatan para remaja Thailand yang terjebak tersebut sebelum mereka bisa diselamatkan.


Komentar
Close Ads X