Kabar Baik, Ahli Temukan Cara Efektif Hapus Tumpahan Minyak di Laut

Kompas.com - 09/07/2018, 12:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Untuk membersihkan diri dari pencemaran minyak, laut sebenarnya memiliki mikroorganisme yang dapat mengurai. Hanya saja prosesnya berlangsung sangat lama. Sebab itu perlu mekanisme lain yang lebih efisien untuk melakukannya.

Selama ini bila ada minyak tumpah ke laut, misalnya karena kapal tangker menabrak karang kemudian tenggelam, maka petugas akan memasang barikade mengambang dan mengerahkan kapal-kapal kecil untuk menyedot minyak dari permukaan. Namun sayang, solusi ini masih jauh dari sempurna.

Ahli osenaografi Vassilios Mamaloukas-Fragoulis mengatakan, salah satu kendalanya adalah keterbatasan teknologi sehingga tidak bisa menyedot bersih semua minyak.

"Kelemahan utamanya, perimeter mengambang tidak dapat mencegah semua kebocoran minyak. Selalu ada sejumlah kecil minyak yang tidak bisa hilang dengan menggunakan metode mekanis itu," katanya.

Baca juga: Kasus Tumpahan Minyak Balikpapan, Pertamina Kena Sanksi Administratif

Penguraian organik amat lambat

Membersihkan pencemaran minyak amat sulit. Paling tidak karena menunggu mikroorganisme di laut untuk mengurainya pada kecepatan alami terlalu lama. Tapi bagaimana kalau bakteria bisa bekerja cepat? Inilah sasaran riset Eropa dalam proyek yang dikoordinasi Yunani.

"Target utama proyek kami adalah menemukan teknologi baru, untuk meningkatkan bio-degradasi alami yang dimiliki mikroba laut," papar Nicolas Kalogerakis, Profesor teknik biokimia di Technical University of Crete.

"Kami mencapai target itu, dengan rangkaian langkah yang memberikan mikroba semua hal yang diperlukan, agar memakan minyak lebih cepat", imbuh Kalogerakis.

Di Laboratorium para peneliti membuat simulasi kebocoran minyak, untuk menguji metode baru ini.

Mula-mula disemprotkan dari minyak nabati yang mudah terurai, untuk mengurangi tegangan permukaan air. Dengan itu minyak dan air bercampur.

"Menyemprot minyak dengan surfaktan ini, tidak menyebabkan minyak lenyap. Yang dilakukan adalah memecah minyak jadi tetesan lebih kecil. Dan ini bisa diserang oleh mikroorganisme di lingkungan untuk mengurai minyak sepenuhnya," jelas Roger Marchant, ahli bioteknologi mikrobial dari University of Ulster.