Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Keunggulan Senjata Laser Star Wars ala China

Kompas.com - 06/07/2018, 19:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Blaster, senapan laser yang ada di film Star Wars tidak lagi hanya ada di film fiksi ilmiah. Beberapa waktu lalu, ilmuwan China mengumumkan keberhasilannya menciptakan senapan laser.

Menurut laporan South China Morning Post via Live Science, Senin (2/7/2018), senjata itu bernama ZKZM-500 dan tidak sepenuhnya mirip blaster.

Jika senapan laser di film Star Wars ramping, senapan laser bikinan China bentuknya lebih mirip pistol mainan berukuran besar.

Meski begitu, ZKZM Laser selaku penciptanya telah merancang ZKZM-500 sedemikian rupa dengan berbagai keunggulan.

Baca juga: Long March-9, Ambisi China untuk Mengalahkan NASA

ZKZM-500, senjata berkaliber 15 mm dengan berat tiga kilogram itu mampu menembakkan lebih dari 1.000 tembakan laser. Masing-masing tembakannya mampu bertahan sampai dua detik.

Saat dioperasikan, kita tidak akan melihat apapun ke luar dari lubang pistol. Ia mengeluarkan gelombang energi tak kasat mata yang bisa melesat sejauh 800 meter.

"Tidak ada yang tahu darimana datangnya tembakan. Ini akan tampak seperti kecelakaan," kata salah satu pencipta senjata kepada South China Morning Post.

Namun tenang saja, ini tidak mematikan. Gelombang lasernya hanya akan menyebabkan karbonisasi instan pada kulit dan jaringan manusia. Bila terkena tembakan, kulit akan terbakar seperti permukaan marshmallow yang hangus.

Mereka menyebut, senjata ini dilengkapi baterai litium yang dapat diisi ulang seperti Smarthphone.

"Senapan ini dapat menembak lewat jendela, membakar tangki gas, dan apapun yang bisa terbakar," imbuhnya.

Baca juga: China Hentikan Impor Limbah Plastik, Ini Dampaknya bagi Dunia

ZKZM-500 memang tidak dirancang untuk membunuh seperti pistol yang menggunakan peluru.

Nantinya, senjata ini akan digunakan pemerintah untuk membakar spanduk ilegal yang melakukan protes atau membakar rambut dan pakaian pendemo.

Sebab itu, senjata ini tidak akan dipasarkan untuk umum. ZKZM-500 hanya diperuntukkan bagi petugas militer dan polisi China.

Pencipta ZKZM-500, ZKZM Laser, mengatakan pihaknya masih mencari perusahaan yang siap memproduksi senapan dengan harga jual 15.000 dollar AS per unitnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com