Kompas.com - 01/07/2018, 13:26 WIB
Astronot NASA Barry Wilmore, sedang mempersiapkan ruangan yang akan ditinggali 20 tikus di stasiun luar angkasa Internasional (ISS) Astronot NASA Barry Wilmore, sedang mempersiapkan ruangan yang akan ditinggali 20 tikus di stasiun luar angkasa Internasional (ISS)

KOMPAS.com - Astronot di stasiun luar angkasa Internasional (ISS) sedang bersiap menyambut teman baru mereka, yakni 20 ekor tikus.

Saat ini, 20 tikus itu masih dalam perjalanan ke luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa SpaceX Dragon. Diluncurkan pada Jumat (29/6/2018) pagi waktu Florida, tikus-tikus itu diperkirakan tiba besok (2/7/2018).

Bagi ilmuwan NASA, tikus-tikus itu akan membantu mereka mendapat informasi bagaimana bila penghuni Bumi tinggal di antariksa untuk waktu yang lama. Salah satunya dengan mengamati siklus tidur sebagai petunjuk stres di luar angkasa.

Penelitian ini dipimpin oleh ahli neurobiologi Fred Turek dan Martha Vitaterna dari Northwestern University.