Kompas.com - 26/06/2018, 11:37 WIB
Mumi perempuan yang ditemukan di Siberia ini masih dalam keadaan baik. Ia masih mengenakan pakaian dari sutra, ikat pinggang bertabur manik-manik, dan ada cermin di samping peristirahatannya. Uniknya, kuburannya sudah tenggelam di dalam danau selama beberapa dekade. Mumi perempuan yang ditemukan di Siberia ini masih dalam keadaan baik. Ia masih mengenakan pakaian dari sutra, ikat pinggang bertabur manik-manik, dan ada cermin di samping peristirahatannya. Uniknya, kuburannya sudah tenggelam di dalam danau selama beberapa dekade.


KOMPAS.com - Bulan Mei tahun ini, tim arkeolog Rusia menemukan mumi perempuan berusia 2.000 tahun di sepanjang garis waduk Siberia, Siberia selatan.

Ia beristirahat dengan pakaian sutra dan menggunakan ikat pinggang berhiaskan manik-manik juga batu permata.

Ajaibnya, jasad dan segala harta bendanya tidak rusak meski terendam di bawah permukaan air selama bertahun-tahun. Tak heran, mumi ini dijuluki sebagai sleeping beauty.

Baca juga: Kerangka Ini Ungkap Praktik Perbudakan Keji Bangsa Romawi di Inggris

Para arkeolog dari Institut Sejarah Budaya St. Petersburg awalnya melihat gundukan batu menyerupai situs pemakaman di tepi sungai Yenisei.

Persisnya gundukan itu terletak di dekat Bendungan Sayano-Shushenskaya, yang menggerakkan pembangkit listrik tenaga air.

Namun, gundukan batu itu tidak bisa dibongkar karena terendam air dan surut hanya setiap bulan Mei hingga Juni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat air surut di bulan Mei, para arkeolog bergegas membongkar gundukan itu. Benar saja, mereka menemukan mumi seorang perempuan dalam kondisi utuh termasuk harta benda di dalamnya.

Dari pakaian dan barang-barang yang ikut dikubur, para arkeolog menduga perempuan ini adalah orang Hun yang masih muda dan sangat dihormati semasa hidup dan mungkin juga ia seorang bangsawan.

"Kami yakin pakaian yang melekat padanya adalah sutra. Ia juga mengenakan ikat pinggang berpola yang bertabur manik-manik dan ada batu permatanya," ujar wakil direktur Institut, Natalya Solovieva kepada The Siberian Times.

"Di dekat kepalanya ditemukan kotak kayu bundar yang dilapisi kulit pohon birch di mana ada cermin China dalam kotaknya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X