Kompas.com - 25/06/2018, 12:05 WIB
GRACE bekerja dengan mengukur jarak antara dua satelit seiring mereka bertukar kecepatan karena perubahan menit dalam gravitasi GRACE bekerja dengan mengukur jarak antara dua satelit seiring mereka bertukar kecepatan karena perubahan menit dalam gravitasi

KOMPAS.com - Seorang fisikawan Australia berhasil mengembangkan teknologi satelit yang mampu mengukur cadangan air tawar dunia dari ruang angkasa.

Teknologi ini berada di jantung misi Pemulihan Gravitasi NASA dan Eksperimen Iklim (GRACE-FO), yang diluncurkan bulan lalu. Ini menyusul misi GRACE pertama yang diluncurkan pada tahun 2002.

Peluncuran itu membuat fisikawan Australia Daniel Shaddock dari Australian National University merasa stres karena hasil karyanya selama 15 tahun ditempatkan dalam sebuah roket.

"Agak sedikit aneh rasanya," kata Profesor Shaddock.

"Bertahun-tahun dalam hidup Anda mengerjakan sesuatu, sulit untuk percaya bahwa hal itu benar-benar terjadi dan akhirnya diluncurkan," sambungnya.

"Karenanya sangat menyenangkan ketika akhirnya hasil karya saya diluncurkan dan tidak ada yang meledak dan bagian yang paling menarik belum lagi terjadi," ujarnya lagi

Profesor Shaddock mengembangkan retroreflector yang menggunakan laser untuk mengukur cadangan air tawar dunia dari antariksa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teknologi ini dilengkapi akurasi yang belum pernah dibuat sebelumnya.

"Alat ini mampu mengukur sesuatu yang sangat penting; kehadiran air - apakah dalam bentuk beku maupun cair - di seluruh dunia sekaligus dan itu adalah sesuatu yang hanya dapat Anda lakukan dari antariksa," kata Profesor Shaddock.

Baca juga: China Luncurkan Satelit untuk Selidiki Sisi Jauh Bulan

"Setiap cadangan air dalam bentuk besar akan menghasilkan gravitasi dan gravitasi itu bisa ditangkap oleh satelit GRACE," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.