Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Besar di Dalam Toilet Pribadi Kim Jong Un

Kompas.com - 12/06/2018, 20:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Bagi beberapa orang, ada hal-hal yang tidak boleh ditinggalkan ketika bepergian. Ada yang membawa bantal pribadi, selimut pribadi atau boneka. Namun bagi Kim Jong Un, yang tidak boleh dilupakan ketika bepergian adalah toilet pribadinya.

Seperti dilaporkan oleh koran Korea Selatan, Chosun Ilbo, Kim tiba di Singapura untuk menemui Donald Trump pada hari Senin (11/4/2018). Salah satu barang yang dibawanya adalah toilet pribadi.

Sebelumnya, situs berita Korea Selatan Daily NK juga pernah melaporkan bahwa Kim tidak pernah meninggalkan rumah tanpa toilet pribadinya. Di dalam mobilnya, selalu ada pispot darurat. Lalu, di antara iring-iringannya, ada satu mobil khusus yang didesain sebagai toilet Kim. Bahkan, ada satu mobil toilet untuk area pegunungan dan salju.

Alasannya bukan hanya karena Kim ogah menggunakan toilet umum. Diwawancarai oleh The Washington Post, mantan anggota unit Komando Perlindungan Korea Utara, Lee Yun-Keol, berkata bahwa toilet pribadi ini merupakan salah satu protokol keamanan nasional.

Baca juga: Dahsyatnya Uji Coba Nuklir Korut, Sampai Bisa Memindahkan Gunung

“Kotoran Kim mengandung informasi mengenai status kesehatannya sehingga tidak bisa ditinggalkan begitu saja,” ujarnya.

Pendapat ini disetujui oleh Dr Jean-Pierre Raufman, seorang pakar gastroenterologi dari University of Maryland School of Medicine, yang diwawancarai oleh Live Science, Senin (11/6/2018).

Dia berkata bahwa usus manusia memiliki lebih banyak sel bakteri dari seluruh sel di bagian tubuh lainnya. Bioma ini tidak hanya mirip sidik jari yang menyimpan DNA tubuh yang unik, tetapi juga bisa menunjukkan pola makan, obat-obatan, dan penyakit yang diderita oleh tubuh.

Hanya dengan melihat warna kotoran Kim, seorang pakar bisa mengetahui apakah pemimpin Korea Utara tersebut mengalami pendarahan internal atau sedang memakan obat-obatan untuk kekurangan zat besi. Bentuk kotoran yang sempit juga bisa menunjukkan pembuntuan usus besar atau gejala kanker usus.

Oleh karena itu, tidak heran bila Kim tidak mau berpisah dengan toilet pribadinya. Untuk mempertahankan citra yang kuat dan sehat, Kim harus selalu merahasiakan kondisi kesehatan dan kotorannya dari dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com