Kompas.com - 06/06/2018, 13:04 WIB

KOMPAS.com - Apa jadinya jika seekor banteng bertemu dengan kawanan singa? Mungkin salah satu hal yang terpikirkan adalah banteng tersebut menjadi mangsa kawanan singa tersebut.

Namun, apa yang terjadi di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan justru sebaliknya.

Para turis disuguhi pemandangan seekor banteng menyeruduk anak singa dalam kawanan tersebut hingga terpelanting ke udara.

Dalam video yang diunggah oleh National Geographic, Rabu (30/05/2018), mula-mula terlihat sekawanan singa yang berpesta setelah menangkap seekor kadal.

Salah satu anak singa tersebut membawa tangkapannya menjauh dari kerumunan, diikuti seekor anak singa lain. Sayangnya, ia tak sadar telah memasuki wilayah berbahaya.

Area tersebut terlalu dekat dengan seekor banteng. Banteng tersebut kemudian mengejar kedua anak singa tersebut.

Namun, salah satu anak singa terlambat berlari. Ia pun diseruduk oleh sang banteng hingga terpelanting ke udara.

"Banteng dan singa cukup terkenal untuk tidak 'berteman baik'," ungkap Luke Dollar, pakar kucing besar dikutip dari nationalgeographic.com.au, Kamis (31/05/2018).

Baca juga: Pemburu Liar Tewas Dimangsa Singa

"Meskipun singa bisa menjatuhkan banteng, biasanya itu sebagai bagian dari kerja sama. Banteng ini tentu saja tidak melewatkan kesempatan untuk mengingatkan singa bahwa mereka lebih kuat - dan jelas tidak senang berbagi wilayah dengan para singa," tambah pria yang bekerja sebagai profesor di Catawba College, AS ini.

Interaksi ini mungkin akan menjadi pelajaran berharga bagi anak-anak singa dalam kawanan tersebut untuk lebih waspada terhadap lingkungannya. Selain itu, mereka juga belajar untuk tidak main-main ketika memasuki wilayah banteng.

"Tidak ada yang seperti pelantingan cepat ke udara untuk mengingatkan singa bahwa jika Anda cari masalah dengan banteng, Anda akan mendapatkan serudukannya," ujar Dollar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.