Kompas.com - 05/06/2018, 20:45 WIB
Ilustrasi membaca buku KucherAVIlustrasi membaca buku


KOMPAS.com - Kegiatan santai seperti bermain game dan membaca buku bisa mencegah munculnya penyakit demensia di hari tua.

Demensia sendiri adalah sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat, kemampuan berbicara, dan  kemampuan motorik.

Bukti baru yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Psychiatry, Rabu (30/5/2018), mengamati lebih dari 15.500 orang berusia 65 tahun ke atas yang tinggal di Hong Kong selama lima tahun.

Baca juga: Selain Menentramkan Hati, Musik Bisa Jadi Terapi bagi Pasien Demensia

Di awal penelitian, tidak ada peserta yang mengalami demensia. Seiring berjalannya waktu, 1.300 orang mengalami demensia.

Saat awal penelitian, tim peneliti juga menanyakan kegiatan dalam sebulan terakhir, seperti membaca buku, koran, majalah, bermain catur, atau bertaruh pacuan kuda.

Para ahli menemukan, kecil kemungkinan orang yang melakukan kegiatan santai mengalami demensia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini berkebalikan dengan peserta yang jarang atau tidak sama sekali melakukan kegiatan santai.

Para ahli menyebut, risiko demensia yang lebih rendah tidak tergantung pada pola makan sehat dan olahraga secara teratus.

"Menganjurakan orang untuk memiliki kegiatan santai yang berhubungan dengan intelektual akan membantu mencegah demensia," tulis para peneliti dalam laporannya, dilansir Time, Jumat (30/5/2018).

Baca juga: Berpikir Positiflah, Anda Akan Terhindar dari Demensia!

Menuruh dua ahli yang berafiliasi dengan Harvard, Dr. Deborah Blacker dan Jennifer Weuve, mengatakan kegiatan yang menantang mental dan otak adalah kunci untuk memperoleh manfaat di hari tua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.