Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Segera Punya Momongan? Penelitian Sarankan Konsumsi "Seafood"

Kompas.com - 29/05/2018, 17:35 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Mempunyai anak merupakan dambaan bagi banyak orang. Sayangnya, tidak ada yang bisa memprediksi kapan sepasang suami istri bisa mendapatkannya.

Masalah kesuburan juga menjadi perhatian bagi banyak pasangan modern saat ini. Terutama, mengingat gaya hidup sibuk hingga ketidakteraturan dalam pola makan, tidur, dan olahraga.

Meski begitu, berbagai penelitian ilmiah mencoba menyelesaikan masalah ini.

Salah satunya dilakukan oleh Endocrine Society. Dalam penelitian terbarunya, mereka menemukan, mengonsumsi makanan laut atau yang kita kenal dengan istilah seafood bisa memberikan keajaiban bagi libido.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism ini menemukan, pasangan yang lebih banyak makan seafood cenderung melakukan hubungan seksual lebih sering.

Hal ini membuat kesempatan pasangan tersebut untuk hamil lebih tinggi.

Selain itu, seafood merupakan sumber protein dan nutrisi penting bagi perempuan yang sedang hamil.

Sayangnya, beberapa perempuan hamil justru menghindari makanan ini karena khawatir tentang kandungan merkuri.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa makanan laut memiliki beberapa manfaat reproduksi, termasuk waktu yang lebih singkat untuk mendapatkan kehamilan dan aktivitas seksual yang lebih sering," kata Audrey Gaskins, salah satu penulis penelitian dikutip dari Hindustan Times, Senin (28/05/2018).

"Penelitian kami menemukan bahwa pasangan yang mengonsumsi lebih dari dua porsi makanan laut per minggu saat melakukan program hamil memiliki frekuensi hubungan seksual yang lebih tinggi secara signifikan dan waktu yang lebih singkat untuk kehamilan," imbuhnya.

Baca juga: Ingin Program Hamil Lancar? Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Para peneliti juga menemukan, 92 persen dari pasangan yang makan seafood lebih dari dua kali seminggu mendapatkan kehamilan dalam jangka waktu satu tahun.

Sedangkan, angka keberhasilan mendapatkan kehamilan pada pasangan yang lebih sedikit mengonsumsi seafood hanya 79 persen.

Sayangnya, hubungan antara makanan laut dengan waktu yang lebih singkat untuk hamil belum diketahui.

Tapi, para peneliti berpikir bahwa kualitas sperma, ovulasi, dan kualitas embrio juga memainkan peran penting dalam hal ini.

"Hasil kami menekankan pentingnya makan sefood tidak hanya bagi perempuan, tapi juga pada laki-laki," kata Gaskins.

"(Kami) menyarankan bahwa kedua pasangan harus memasukkan lebih banyak seafood dalam menu makanan mereka untuk mendapatkan lebih banyak manfaat kesuburan," sambungnya.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan banyak manfaat konsumsi seafood.

Misalnya saja, penelitian yang dilakukan oleh University Medical Center dan Universitas Wageningen di Belanda.

Mereka menemukan, makan seafood sekali seminggu bisa mengurangi kepikunan atau kehilangan ingatan yang berkaitan dengan usia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com