Hasil Investigasi: MH17 Ditembak Jatuh oleh Rudal Rusia

Kompas.com - 26/05/2018, 19:07 WIB
Pesawat MH17 yang terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur jatuh pada bulan Juli tahun 2014. BBCPesawat MH17 yang terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur jatuh pada bulan Juli tahun 2014.

KOMPAS.com - Para penyelidik jatuhnya pesawat MH17 milik Malaysia Airline di atas wilayah Ukraina terus memburu pihak yang bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Dari hasil investigasi, kini mereka yakin militer Rusia memegang peran penting dalam menyediakan rudal yang mematikan tersebut.

Ini adalah pertama kalinya para penyidik resmi telah menunjuk brigade rudal anti-pesawat 53 milik Federasi Rusia yang bermarkas di Kursk sebagai pihak bertanggung jawab.

Pada suatu pertemuan di Belanda, Tim Investigasi Gabungan (JIT), yang termasuk dalamnya sejumlah perwira Australia, menunjukkan sejumlah video dan gambar dari peta yang diambil oleh truk yang mengangkut rudal melintasi perbatasan.

Wilbert Paulissen, kepala Skuad Kejahatan Nasional dari Kepolisian Nasional Belanda, mengatakan bahwa JIT menginginkan para saksi untuk segera bersuara.

Pelaku

"Kami mencari orang-orang yang terlibat langsung," katanya.

"Kami memiliki empat pertanyaan – siapa yang menjadi bagian dari tim yang menembak jatuh MH17, instruksi apa soal di mana mereka diberikan dan oleh siapa.

"Juga siapa yang bertanggung jawab untuk operasi penugasan ini.

"Dan akhirnya, siapa yang bisa memberi kami sebagian besar informasi tentang prosedur di brigade ini?" Paulissen berkata.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X