Kompas.com - 25/05/2018, 20:33 WIB

KOMPAS.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, burung harus belajar terbang kembali setelah nenek moyangnya punah dalam serangan meteor yang menewaskan dinosaurus.

Penelitian beru tersebut menunjukkan bahwa bencana 66 juta tahun silam itu tak hanya memusnahkan dinosaurus tapi juga burung terbang yang hidup di pohon.

Ketika hutan terbakar di seluruh dunia, makhluk-makhluk terbang ini lenyap.

Satu-satunya burung yang bertahan hidup adalah spesies yang tak dapat terbang dan hidup di tanah. Para peneliti percaya, burung yang hidup saat ini merupakan keturunan moyang yang mirip burung emu.

Dengan kata lain, keragaman spesies burung bersayap saat ini merupakan evolusi yang luar biasa. Hal ini juga relevan jika melihat kondisi kerusakan lingkungan modern.

"Peristiwa pada zaman Kapur akhir merupakan kepunahan massal kelima - kita berada di urutan keenam," kata Dr Regan Dunn, seorang paleontolog dari Field Museum di Chicago dikutip dari The Independent, Kamis (24/05/2018).

"Penting bagi kami untuk memahami apa yang terjadi ketika Anda menghancurkan ekosistem, seperti penggundulan hutan dan perubahan iklim, sehingga kami dapat mengetahui bagaimana tindakan kami akan memengaruhi apa yang terjadi setelah kami," imbuh perempuan yang juga co-author penelitian tersebut.

Meteor berukuran 14,5 kilometer menghantam Bumi di lepas pantai Meksiko. Hal ini melepaskan satu juta kali lebih banyak energi daripada bom atom terbesar.